Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Radar pemantau banjir Rp 20 M, untuk apa?

 

 

 

Upaya mengantisipasi bencana banjir terus dilakukan Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).  Kali ini dengan rencana pemasangan radar pemantau banjir seharga Rp 20 miliar.  Lokasi pemasangan radar akan dipilih lokasi di tengah kota,  yakni Taman Monas.  

"Melalui radar,  nanti kami bisa tahu kapan hujan yang ini,  kami perlu turunkan di Jakarta atau tidak.  Nanti disiasati dengan hujan buatan," ujar Isman Jutanto,  Direktur Teknologi Kebencanaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.   

Isman menjelaskan,  dengan hujan buatan,  BPPT bisa memutuskan untuk menurunkan hujan atau menahan hujan sehingga curah hujan bisa dikendalikan.  Curah hujan yang terlalu tinggi akan menimbulkan banjir.  Dalam hal ini BPPT bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).  Biaya operasi hujan buatan ini mencapai Rp 2 miliar.  

"Hujan sebelum masuk Jakarta kami turunkan dulu misalnya di daerah mana,  laut misalnya.  Misalnya awannya sudah keburu masuk Jakarta,  kami pecah jadi hujan-hujan kecil," jelas Isman.  

"Kami juga ada teknologi Automatic Water Level Recorder.  Kami bisa tahu data-data ketinggian air secara otomatis.  Di kantor kita ada monitor dan itu akan bekerjasama dengan Pemprov juga," lanjutnya.  

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menegaskan,  berbagai upaya akan dilakukan untuk mengantisipasi banjir.  Antara lain dengan fokus melaksanakan normalisasi dan pengerukan sungai.  "Ya bagus dengan adanya peringatan itu.  Berarti konsentrasi di pengerukan,  normalisasi sungai itu bisa betul-betul dipercepat.  Kita memang kemarin minta agar semuanya dipercepat," kata Jokowi.

Jokowi menyatakan,  Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 450 miliar khusus untuk pembebasan lahan bagi normalisasi kali-kali besar di Ibu Kota.  Normalisasi itu dilakukan di Kali Pesanggrahan,  Kali Angke,  dan Kali Sunter,  yang diyakini dapat mengurangi 10 lokasi banjir. 

Sumber : http://www.tender-indonesia.com/tender_home/innerNews2.php?id=17805&cat=CT0013

 

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id