Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Antisipasi Banjir, DKI Pasang Radar Hujan

 

 

 

Ray Jordan – detikNews

Jakarta - Untuk mengantisipasi banjir akibat curah hujan, Pemerintah Provinsi DKI bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memasang alat yang mampu memodifikasi cuaca atau disebut radar hujan. Teknologi ini mampu mengurangi debit air hujan yang mengguyur ibukota.

"Iya, itu sudah secara prinsip dipasang untuk mengurangi curah hujan. Kita takut kiriman curah hujan tinggi Jakarta juga hujan. Yang kita paling kuatir kan itu," ujar Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Balaikota DKI, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (16/1/2013).

Ahok mengatakan, alat tersebut sudah pernah diuji coba pada saat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Riau 2012 lalu. Oleh karenanya, untuk mengefektifkan alat tersebut, otoritas Pemprov DKI telah memerintahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum, Pertamanan, dan Kebersihan mendeteksi titik-titik banjir di ibukota.

"Sudah pernah ujicoba waktu PON. Ya pada prinsipnya saya sudah setuju. Karena curah hujan terjadi di Jakarta. Tahu sendiri kan, selokan-selokan semua penuh," katanya.

"Paling bisa terasa efektif Oktober, karena kita akan integrasikan semua tanggung jawab ke Dinas Kebersihan, Pertamanan, PU. Titik-titik lagi diidentifikasi. Kalau kita lakukan, bisa Oktober," imbuhnya.

Sementara itu, terkait persoalan banjir hingga merendam ratusan rumah di beberapa titik di Jakarta, Ahok mengatakan saat ini Pemprov DKI fokus pada ketersediaan makanan dan obat-obatan bagi para pengungsi.

"Kita amankan soal makanan segala macam itu, soal kesehatan. Kita belum bisa melakukan apa-apa selain pengamanan seperti itu,"ucapnya. (ray/lh)

Sumber : http://news.detik.com/read/2013/01/16/114239/2143576/10/antisipasi-banjir-dki-pasang-radar-hujan

 

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id