Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BNPB dan BPPT Persiapkan Operasi TMC

Penanggulangan bencana banjir menjadi salah satu fokus utama Pemerintah DKI Jakarta setiap kali musim hujan tiba. Bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya pada tahun 2013 mendorong pemerintah pusat dan daerah setempat melakukan antisipasi dengan berbagai langkah. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif telah melaporkan kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyo mengenai persiapan potensi nasional untuk mendukung pemerintah daerah setempat. Menyikapi hal tersebut, Presiden RI juga telah memerintahkan Kepala BNPB untuk segera mengambil langkah-langkah antisipatif yang dibantu oleh TNI/Polri dan kementerian/lembaga terkait. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan bahwa curah hujan tinggi akan terus mengguyur wilayah DKI Jakata dan sekitarnya hingga Februari mendatang. Melihat kondisi ini, BNPB meminta kepada UPT Hujan Buatan – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk mempersiapkan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan. 

TMC merupakan upaya untuk melakukan intervensi terhadap proses yang terjadi dalam awan dan lingkungannya. Pada konteks penanggulangan banjir di Jakarta dan sekitarnya, TMC digunakan untuk mengurangi curah hujan yang berlebih sehingga potensi banjir dapat dihindari. Pelaksanaan TMC ini secara teknis akan dilakukan oleh BPPT dengan dibantu TNI AU. Saat ini BPPT telah mendirikan pos operasi TMC di Halim dan Pondok Cabe. TNI AU telah memberikan dukungan pesawat jenis Hercules dalam operasi penyemaian NaCL di udara.  

Terkait dengan hal tersebut, BNPB dan BPPT menggelar pembukaan persiapan operasi TMC yang diselenggarakan di Gedung Suma II Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta pada Selasa (14/01). Rencananya operasi TMC akan disiagakan selama dua bulan, terhitung pada 14 Januari 2014 hingga 14 Maret 2014. Namun demikian pelaksanaan operasi ini masih harus menunggu keluarnya pernyataan Pemerintah DKI Jakarta dalam menetapkan Status Siaga Darurat Banjir. 

BNPB telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20 miliar untuk pelaksanaan operasi TMC di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Operasi TMC ini dilakukan atas kerjasama antara BNPB dan BPPT dan didukung oleh BMKG, TNI AU dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sumber : http://www.bnpb.go.id/news/read/1826/bnpb-dan-bppt-persiapkan-operasi-tmc

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id