Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Kabupaten Bantaeng Rancang Pembangunan "Technopark"

Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan sedang menyiapkan pembangunan taman teknologi (technopark) di daerahnya. Nantinya technopark ini selain mendorong inovasi juga bisa menjadi ekowisata dan wisata edukasi.

Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah, mengatakan, dalam pembangunan technopark yang merupakan program Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini, Bantaeng akan fokus di bidang teknologi pertanian.

"Bantaeng sudah lama bekerja sama dengan BPPT mengembangkan dan fokus pada benih, pupuk, dan pertanian bertujuan ekspor," kata Nurdin di sela-sela Memorandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerjasama (PKS) BPPT dengan lembaga pemerintah dan swasta di Jakarta, Rabu (11/2).

Berkat bantuan BPPT di bidang teknologi, lanjutnya, Bantaeng mampu meningkatkan produktivitas padi, jagung, talas safira, dan buah naga berkualitas ekspor.

Selain itu, lanjut Nurdin, Bantaeng juga telah melakukan simulasi e-voting dan rencana pemilihan suara elektronik tersebut akan dipakai dalam pemilihan kepala desa serentak di Bantaeng tahun 2015.

Sekretaris Utama BPPT Soni Solistia Wirawan mengatakan BPPT melakukan enam MoU dan satu PKS pada Rabu (11/2). Dalam kesempatan itu BPPT melakukan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Pemerintah Kabupaten Boalemo Gorontalo, PT Surveyor Indonesia (Persero), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Universitas Al Azhar Indonesia dan PT Agronesia (Persero).

Sedangkan perjanjian kerja sama (PKS) antara BPPT dengan Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Komisi Pemilihan Umum dan Universitas Hasanuddin.

Pelaksanaan MoU dan PKS dilaksanakan di acara Rapat Kerja BPPT Tahun 2015 bertajuk "Kita Sukseskan RPJMN 2015-2019 Melalui Peningkatan Inovasi dan Layanan Teknologi".

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yunus S Swaritono mengatakan, kerja sama BPPT dengan BMKG adalah di bidang observasi dan penelitian yang hasilnya bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.

"Saat ini kami sudah memiliki radar di 36 lokasi dan sebentar lagi akan ada penambahan enam radar lagi yang totalnya 40 radar. Semua radar itu sangat bisa untuk dikerjasamakan dengan BPPT dalam bentuk penelitian," ujarnya.

Pembantu Rektor IV Universitas Hasanuddin, Budu, menyampaikan, saat ini Universitas Hasanuddin telah menjadi perguruan tinggi memiliki banyak jurnal-jurnal internasional yang harus dihilirkan agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Kerja sama dengan BPPT yang dilakukan adalah dalam bentuk difusi teknologi dalam pengembangan kawasan technopark. Selain itu, banyak program studi di Universitas Hasanuddin yang bekerja sama dengan BPPT terkait pengembangan teknologi," jelas Budu.

Sumber : http://www.beritasatu.com/nasional/248303-kabupaten-bantaeng-rancang-pembangunan-technopark.html

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id