Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

UTS Teken MoU dengan BPPT untuk Bangun Science And Techno Park

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) meneken MoU kerjasama dengan Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT), Kamis (12/03/2015) di aula Kampus UTS. Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Rektor UTS, Dr. Arief Budi Witarto, M.Eng dan Kepala BPPT, Dr. Ir. Unggul Priyanto, M.Sc., didampingi eks Rektor UTS, Dr. Zulkieflimansyah.

Rektor UTS, Dr. Arief Budi Witarto, M.Eng, mengatakan bahwa BPPT merupakan lembaga riset elit yang dimiliki Indonesia. BPPT mengembangkan ilmu yang sifatnya ketehnikan dan kerekayasaan. Kehadiran BPPT di UTS dengan mendirikan Science And Techno Park akan memberikan manfaat bagi mahasiswa, BPPT juga telah mendirikan techno park di sejumlah daerah. Di Sumbawa, diharapkan dapat membangun daerah melalui teknologi.

“Kita tidak perlu menjadi number one tapi perlu menjadi the only one. Memang kita di UTS maupun di Sumbawa masih banyak ketertinggalan dengan kolega yang ada di jawa, tapi dengan keterbatasan itu kita harus terus mengejarnya dengan menggunakan keunggulan daerah ini,” papar Arief.

Dikirimnya mahasiswa UTS ke Boston USA, menurutnya, menjadi suatu kebanggan dan tidak menyerah dengan memilih topik yang menjadi keunggulan daerah yaitu madu Sumbawa. UTS ingin menjadi the only one dalam mengembangkan madu Sumbawa, susu kuda liar, terumbu karang dan sebagainya. BPPT diharapkan bisa bersinergi dalam mengembangkan teknologi tersebut.

MoU Scince and Techno Park (2)Kepala BPPT, Dr. Ir. Unggul Priyanto, M.Sc., mengutarakan dalam sambutannya bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian dalam rangka pengembangan inovasi science and technology park di UTS.

Sebagaimana diketahui paparnya, pemerintah era sekarang memiliki program pencanangan pembangunan daerah. Membangun Indonesia dengan memperkuat daerah dari desa dalam rangka memperkuat negara kesatuan yang kemudian disebut dengan NAWACITA.

Program tersebut diimplementasikan melalui Bappenas, kemudian memprogram pembangunan berbasis tecno park. Dalam hal ini BPPT  salah satu yang diamanatkan membangun 10 tecno park. Kendati termasuk pekerjaan berat, karenanya di dalam renstra BPPT ke depan tecno park menjadi salah satu bagian penting yang akan menjadi tugas penting lima tahun ke depan.

“BPPT bertugas untuk menciptakan inovasi teknologi dan menyediakan teknologi. Turunannya, ada teknologi Hankam sebagai prioritas dan masuk dalam RPJN, pangan, energy, ITC dan tecno park. BPPT akan sangat sibuk di lima tahun ke depan,” ujarnya.

Ia mengatakan masing-masing daerah memiliki ciri berbeda. Misalnya di Pelalawan ada industry sawit, Bantaeng ada techo park pembibitan pertanian, Gunung Kidul ada wisata agro dan beberapa tempat lainnya yang terdapat techno park.

“Saya kira nanti Sumbawa juga begitu dengan UTSnya. Kalau di situ ada keterlibatan universitas namanya science and techno park. Jadi dapat dimaknai sebagai kawasan yang dikelola manejemen professional untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan melalui pengembangan dan penerapan iptek yang relevan,” paparnya.

Maka sambungnya, Science and Techno Park merupakan suatu kawasan yang terdiri satu atau lebih sentra kegiatan ipteking, produksi dan gerakan masyarakat pada wilayah tertentu. Konsepnya adalah kawasan berdimensi pembangunan sosial ekonomi dan budaya. Bedanya dengan universitas, harus bisa memberikan manfaat kepada kawasan sekitar. Karena itu pencanangannya oleh pemerintah disebar ke berbagai daerah dengan harapan daerah-daerah itu bisa tumbuh oleh satu kawasan khusus tersebut.

Di techo park, tidak hanya terdapat kegiatan iptek saja tapi harus memberikan dampak misalnya kegiatan ekonomi. Hilirnya harus kemasyarakat, misalnya dengan techno partnership. Kegiatan penelitian ada UTS di dalamnya. “Ini perlu suatu jaringan, tapi saya yakin ini akan berhasil ke depan,” katanya. (PSb)

Sumber : http://www.pulausumbawanews.com/daerah/uts-teken-mou-dengan-bppt-untuk-bangun-science-and-techno-park/

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id