Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PENGANUGERAHAN PI UMKM AWARD 2010

Pusat Inovasi UMKM (PI UMKM) Award 2010 merupakan suatu bentuk apresiasi dengan memberikan penghargaan kepada individu yang menumbuhkan usaha baru dengan menerapkan inovasi teknologi, baik dalam bentuk usaha mikro, kecil maupun menengah. Melalui PI UMKM Award 2010, PI UMKM berusaha untuk merangsang pertumbuhan dan mendorong perkembangan UMKM di Indonesia.

 

Berbeda dari tahun sebelumnya, PI-UMKM Award 2010 bukan saja diberikan kepada UMKM inovatif, melainkan juga kepada Lembaga Intermediasi (LI) dan Pemda yang secara langsung atau pun tidak langsung mengadakan kerjasama dan berkoordinasi dengan BPPT dalam memberi perhatian dan dukungan agar UMKM tumbuh menjadi usaha yang berdampak pada ekonomi, khususnya di daerah. Di samping itu, melalui PI UMKM Award 2010 ini juga PI UMKM bermaksud untuk  mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan dalam menumbuhkankembangkan LI dan UMKM selama 2 tahun anggaran.

 

Penganugerahan PI UMKM Award 2010 ditujukan untuk mendorong tumbuhnya budaya inovasi dan kreativitas dalam mengatasi kendala ekonomi dan mengembangkan daya saing untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempererat kerjasama dan koordinasi antara penghasil teknologi UMKM, PI-UMKM dan Pemerintah Kabupaten atau Pemerintah Kota.

 

Dari 67 proposal UMKM yang masuk, dipilih 29 proposal UMKM yang memenuhi tiga kriteria terdiri dari (1) inovasi, yang terdiri dari unsur proses produksi, manajemen, pemasaran dan kemasan, (2) nilai tambah yang meliputi unsur penyerapan tenaga kerja, pendapatan dan ramah lingkungan, serta (3) pasar baik lokal, regional maupun nasional. Ke 29 proposal tersebut meliputi 14 proposal bidang agrobisnis, 11 proposal dari industri kreatif dan 4 proposal dari bidang manufakturing. Tahap penilaian selanjutnya yaitu presentasi untuk menentukan tiga pemenang terbaik dari masing-masing bidang.

 

Pemenang PI UMKM Award............................Hadiah 1 Rp 20.000.000,- + sertifikat, Hadiah 2 Rp 15.000.000,- + sertifikat, dan Hadiah 3 Rp 10.000.000,- + sertifikat.

 

Untuk Penghargaan LI Berprestasi, dari 18 proposal yang telah menerima program insentif dari BPPT TA 2009 dan TA 2010, akan terpilih tiga pemenang yang didasarkan pada empat kriteria penilaian yaitu pembinaan, inovatif/teknologi, pemasaran dan anggaran.

 

Pemberian penghargaan untuk kalangan LI dimaksudkan agar LI yang sudah ada dan memperoleh insentif itu dapat menjadikan dirinya Pusat Inovasi untuk pengembangan usaha yang lebih luas di daerahnya. Dengan demikian, LI akan dapat berfungsi dan berperan sebagai Pusat Pertumbuhan dalam rangka Sistem Inovasi Daerah. Idealnya setiap daerah memiliki Lembaga Intermediasi sebagai Pusat Inovasi dan pertumbuhan di daerah sehingga masing-masing daerah juga mendukung program Sistem Inovasi Nasional yang telah dikembangkan.

 

Pemenang LI berprestasi......................... Sementara hadiah untuk Lembaga Intermediasi Berprestasi terdiri dari pemenang 1 Rp 15.000.000,- + sertifikat, pemenang 2 Rp 10.000.000,- + sertifikat dan pemenang 3 Rp 5.000.000,- + sertifikat.

 

Sementara penghargaan kepada Pemda Berprestasi diberikan untuk memberikan apresiasi atas komitmennya dalam memberi perhatian yang lebih besar untuk UMKM. Kontribusi komitmen Pemda ini penting dan perlu untuk memberi kesempatan tumbuh dan berkembangnya pusat-pusat ekonomi daerah dan dalam jangka panjang mendukung tumbuhnya Sistem Inovasi Daerah yang memberi kontribusi nyata terhadap peran iptek dalam pembangunan ekonomi.

 

Pemda Berprestasi …....................Piagam penghargaan juga diberikan kepada Pemda untuk telah member perhatian khusus untuk perkembangan LI dan UMKM di daerahnya.

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id