Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PRESS RELEASE WORKSHOP, WISATA TEKNOLOGI, DAN TRAINING AUDITOR TEKNOLOGI PUSPIPTEK, 25 SEPTEMBER 2012

Dalam rangka sosialisasi dan peningkatan kapasitas Auditor Teknologi, Pusat Audit Teknologi – Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan menyelenggarakan acara Workshop, Wisata Teknologi dan Training Auditor Teknologi, dengan Tema Sistem Nasional Audit Teknologi (SNAT) yang akan diselenggarakan tanggal 25, 26 dan 27 September 2012 di Gedung Teknologi 2 Kawasan Puspiptek Serpong, Tangerang Selatan.

 

Acara ini bertujuan sebagai Sosialisasi Konsep SNAT kepada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah, Industri, Asosiasi Profesi, dan Perguruan Tinggi. Selain itu akan dilakukan pula peluncuran dan sosialisasi beberapa standar dan pedoman audit teknologi seperti Standar Kompetensi Auditor Teknologi, Pedoman Pelatihan Audit Teknologi, Pedoman Sertifikasi Auditor Teknologi, dan Petunjuk Teknis Sertifikasi Auditor Teknologi kepada Kementerian, LPNK, Pemerintah Daerah, Industri, Asosiasi Profesi, dan Perguruan Tinggi, dan Training Auditor Teknologi  untuk Pegawai BPPT, Pegawai di lingkungan LPNK Kemenristek, Pegawai Pemda dan  Karyawan Swasta.

 

Selain itu, acara ini dimaksudkan untuk mempromosikan Laboratorium dengan mengajak Peserta training untuk  mengikuti Wisata Teknologi dengan mengunjungi beberapa fasilitas Laboratorium yang dimiliki BPPT di Kawasan Puspiptek,Serpong, antara lain Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP), Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS), dan Laboratorium Aerodinamika Gas dan Getaran (LAGG). Berdasarkan agenda acara,Workshop akan dihadiri kurang lebih 200 undangan dan Training Auditor Teknologi akan diikuti kurang lebih 100 peserta dari berbagai kalangan, antara lain  Lembaga Pemerintah baik pusat maupun daerah, Kalangan Swasta, Perguruan Tinggi, Lembaga Asosiasi, dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan lainnya.

                      

Acara Workshop akan diawali dengan sambutan Kepala BPPT ( Welcome Speech), yang juga akan menyampaikan dan menjelaskan tentang pengembangan SNAT yang merupakan tatanan jaringan sarana dan kegiatan terkait  audit teknologi.

 

Selanjutnya sambutan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) akan menyampaikan tentang Pembangunan Sistem Inovasi Nasional (SINAS) yang merupakan salah satu cara untuk membangkitkan kembali kemampuan IPTEK nasional. Terkait dengan usaha membangkitkan kembali kemampuan IPTEK nasional, auditor teknologi akan sangat berperan dalam memetakan unsur-unsur kemampuan IPTEK.

 

Kemudian sambutan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan menjelaskan pentingnya peran auditor teknologi bagi peningkatan nilai tambah asset teknologi di BUMN melalui pelaksanaan audit teknologi. Sambutan terakhir akan disampaikan Menko Bidang Perekonomian yang sekaligus akan membuka Workshop tersebut, antara lain akan menyampaikan keterkaitan implementasi MP3EI  dengan keberadaan peran Auditor Teknologi.

 

Pada kesempatan tersebut akan dilakukan pula penandatanganan MOU antara BPPT dengan Kabupaten bengkalis dan Kabupaten Pelalawan. Direncanakan pada kesempatan setelah coffee brake akan dilakukan konferesi pers yang menyangkut penjelasan tentang SNAT dan tentang dilakukannya Training Auditor Teknologi.(PAT-PKT-BPPT)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id