Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Kata Pengantar dari Deputi PKT

 

Cita-cita pembangunan Indonesia sebagaimana dituangkan dalam Undang-Undang Nomor 17 tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005 – 2025 diuangkapkan sebagai visi “Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur”. Ditegaskan pula bahwa arah pembangunan ekonomi Indonesia dilakukan melalui prinsip antara lain mengelola peningkatan produktivitas nasional melalui inovasi, penguasaan, penelitian, pengembangan dan penerapan iptek menuju ekonomi berbasis pengetahuan serta kemandirian dan ketahanan bangsa secara berkelanjutan. Dalam kaitan inilah penguatan sistem inovasi menjadi agenda yang sangat penting dalam rangka mendorong pembangunan ekonomi yang berbasis pengetahuan. Langkah percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia pun telah dicanangkan untuk membawa Indonesia sebagai kekuatan ekonomi 12 besar dunia di tahun 2025.

Dalam rangka mendukung pembangunan nasional tersebut, Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi – BPPT memfokuskan arah, kebijakan dan prioritas program dan kegiatannya di dalam penguatan sistem inovasi untuk mendukung pembangunan yang progresif, inklusif, dan berkelanjutan di Indonesia.

Hakikatnya, penguatan sistem inovasi merupakan langkah terpadu membenahi sistem yaitu suatu kesatuan yang mempengarauhi arah perkembangan dan kecepatan inovasi, difusi, dan proses pembelajaran, secara bersistem. Untuk itu, Kerangka Kebijakan Inovasi/KKI (Innovation Policy Framework/IPF) merupakan pijakan kolaboratif yang dikembangkan dan diimplementasikan dalam penguatan sistem inovasi secara sistemik. Hal ini dilakukan melalui 6 (enam) elemen KKI, yaitu:

  1. Mengembangkan iklim/lingkungan yang kondusif bagi inovasi dan bisnis;
  2. Memperkuat kelembagaan dan daya dukung iptek, serta meningkatkan kapasitas absorpsi dunia usaha;
  3. Meningkatkan interaksi dan kemitraan iptek & inovasi, serta pelayanan berbasis teknologi/pengetahuan;
  4. Mengembangkan budaya inovasi;
  5. Meningkatkan keterpaduan/koherensi penguatan sistem inovasi;
  6. Meningkatkan penyelarasan dengan dinamika perkembangan global.

Sementara itu, strategi program dikembangkan dan diimplementasikan melalui program prioritas sebagai wahana penguatan sistem inovasi yang berupa flagship programs. Kelima flagship programs tersebut adalah :

  1. Penguatan Sistem Inovasi Daerah;
  2. Pengembangan Klaster Industri;
  3. Pengembangan Jaringan Inovasi;
  4. Pengembangan Teknoprener;
  5. Pengembangan Pilar Tematik.

Kerangka kerja penguatan sistem inovasi tersebut dikembangkan dan diimplementasikan secara kontekstual dengan memfokuskan program/kegiatan BPPT untuk berkontribusi dalam penguatan sistem inovasi nasional dan dalam menciptakan/mengembangkan kisah-kisah sukses percontohan penguatan sistem inovasi di Indonesia.

 

Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi

 

Dr. Ir. Gatot Dwianto, M.Eng

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id