Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

DUKUNGAN BPPT, TINGKATKAN PEMBANGUNAN KOTA TARAKAN

Penguasaan teknologi merupakan salah satu penentu daya saing, serta menjadi kunci keberhasilan pembgunan di suatu daerah. Untuk mendukung pembangunan daerah di bidang teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan pemerintah Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, melakukan kesepakatan bersama (MOU), serta Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Daerah Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara, di Ruang Komisi Utama BPPT, Jakarta (23/04)

Pada kesempatan itu Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT,  Hammam Riza, mengatakan dirinya berharap bisa  mencapai tujuan bersama dalam mengembangkan dan memanfaatkan potensi daerah, serta meningkatkan kapasitas masyarakat dan lembaga, melalui penerapan dan pemasyarakatan teknologi untuk mendukung pembangunan daerah, khususnya di Kota Tarakan.

Menurut Hammam, perkembangan teknologi saat ini, khususnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), memberi peluang pemanfaatannya di berbagai bidang, tidak terkecuali di pemerintahan. “Sebagaimana telah diamanatkan dalam Inpres No. 6 tahun 2001 tentang Pengembangan dan pemberdayaan Telematika Indonesia, bahwa pesatnya perkembangan TIK membawa dampak pada perubahan pola pikir, dan cara pandang masyarakat dalam melakukan berbagai kegiatan, yang berorientasi pada aspek kemudahan, ketepatan dan kecepatan dalam pertukaran akses informasi,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi BPPT, Tatang A. Taufik menegaskan jika upaya optimalisasi pemanfaatan TIK untuk pemberdayaan masyarakat dan sebagai alat pemersatu bangsa, diperlukan komitmen dari seluruh jajaran aparatur pemerintah dan pihak-pihak lain pengguna TIK untuk melaksanakan, memanfaatkan, mengembangkan serta mengambil langkah-langkah kebijakan strategis dalam pembangunan TIK.

Tatang juga mengatakan pemanfaatan TIK dalam proses pemerintahan dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, seperti tercantum dalam Inpres nomor 3 tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government. “Untuk menyelenggarakan good governance, dan meningkatkan layanan publik yang efektif dan efisien, diperlukan adanya kebijakan dan strategi  pengembangan e-Government,” paparnya.

Udin Hianggio selaku Walikota Tarakan, sangat senang dengan penandatangan Mou tersebut. Ia berharap kerjasama ini bisa mengembangkan dan memanfaatkan potensi serta meningkatkan kapasitas masyarakat dan lembaga-lembaga daerah melalui penerapan dan pemasyarakatan teknologi. “Mudah-mudahan kerjasama ini bisa dilakukan secara komprehensif demi mendukung pembangunan daerah di Kota Tarakan,” tuturnya.

Kerjasama yang lebih konkrit antara BPPT melalui Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, dengan Pemerintah Kota Tarakan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, dituangkan dalam  suatu kegiatan Penyusunan Masterplan TIK Pemerintah Kota Tarakan secara komprehensif.

Mou tersebut ditandatangani oleh Tatang A. Taufik selaku Deputi Bidang PKT dan Udin Hianggio selaku Walikota Tarakan. Serta PKS ditandatangani oleh Ruslan Arifin selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tarakan dan Hammam Riza,selaku Direktur PTIK-BPPT. Kerja sama antara BPPT dan Pemerintah Kota Tarakan di bidang pemanfaatan TIK ini, diharapkan menjadi titik tolak, menuju kerja sama yang lebih erat, di bidang teknologilainnya yang tepat guna dan bermanfaat dalam mendukung pembangunan di Indonesia. (SYRA/HUMAS)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id