Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT DUKUNG PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT DI KAPUAS HULU

Didasari adanya keinginan Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengembangkan dan mengimplementasikan e-Government di tahun 2013 ini, beberapa waktu lalu Tim BPPT telah melakukan kunjungan dan workshop mendiskusikan agenda penguatan Sistem Inovasi Daerah (SID) di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Kebutuhan awal yang diperlukan adalah dapat terbangunnya infrastruktur TIK dasar yang mendukung pengembangan e-Government di kabupaten tersebut.

Tim BPPT yang terdiri dari tim penguatan SID dan tim teknoprener telah menyelesaikan beberapa agenda diantaranya yaitu penyusunan draft cetak biru pengembangan e-Government Kabupaten Kapuas Hulu, sosialisasi dokumen Radar Inovasi Daerah (RIDA) dan dokumen roadmap penguatan SID. Selain itu dari tim teknoprener juga telah melakukan sosialisasi pembentukan kelembagaan Inkubator Bisnis dan Teknologi di Kabupaten Kapuas Hulu.

Workshop hari pertama dimulai dengan pemaparan konsep e-Government sebagai bahan dalam penyusunan draft awal cetak biru e-Government yang disampaikan oleh anggota tim Ahmad Iqbal, dilanjutkan dengan diskusi penentuan prioritas awal dalam pengembangan e-Government. Hari ke dua dilanjutkan dengan pembahasan kebutuhan perangkat dan anggaran untuk pembangunan infrastruktur dasar e-Government yang akan diusulkan ke DPRD.

Diskusi dilanjutkan dengan sosialisasi penyusunan RIDA yang disampaikan oleh anggota tim Abdul Azis Wasil. RIDA merupakan indikator inovasi daerah yang disusun berdasarkan enam elemen kerangka kerja inovasi (heksagon) untuk memetakan kapasitas inovatif daerah. Sedangkan Penyusunan roadmap merupakan amanat dari SK Perber Menristek dan Mendagri No. 03 dan 36 tahun 2012 yang nantinya akan diintegrasikan ke dalam RPJMD dan RKPD.

Pada hari terakhir dilakukan survei dan verifikasi kondisi awal infrastruktur di beberapa dinas dan dilanjutkan dengan penyusunan dan pembahasan draft awal cetak biru e-Government. Hasil pertemuan tersebut hampir merampungkan draft awal cetak biru e-Government Kabupaten Kapuas Hulu.

Sebagai tindak lanjut, tim e-Government Sistem Inovasi Daerah Kabupaten Kapuas Hulu melakukan kunjungan balasan untuk meneruskan diskusi pematangan dan penyelesaian dokumen cetak biru e-Government. Diskusi diikuti oleh para stakeholder yang terdiri dari tim pokja e-Government, kordinator daerah dan tim teknoprener dari beberapa satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Kapuas Hulu. (AI/ppkdt/humas)

 

 

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id