Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PUSAT AUDIT BPPT LAKUKAN BENCHMARKING IMPLEMENTASI E-DEVELOPMENT

Bertujuan melakukan benchmarking implementasi e-Development di berbagai kota di Indonesia, Pusat Audit Teknologi (PAT) telah melakukan survey di beberapa kota seperti Kota Surabaya, Kota Tomohon, Kota Manado, Kota Bitung dan Provinsi Sulawesi Utara hingga akhir Mei 2013 lalu. Hasil benchmarking tersebut akan melengkapi Panduan Implementasi e-Development yang berisikan kumpulan praktek terbaik dan pengalaman implementasi e-Development di berbagai kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia.

Sampel dari daerah yang disurvei akan diusahakan mencakup seluruh tipologi daerah di Indonesia, sehingga diperlukan sampel satu daerah di setiap provinsi. Dengan adanya sampel di tiap provinsi akan diperoleh gambaran dan contoh yang lengkap untuk tipologi penerapan e-Development di Indonesia. Panduan ini akan membatu daerah di Indonesia yang ingin menerapkan e-Development, karena mereka akan melihat contoh penerapan yang sesuai dengan tipologi daerahnya masing-masing, baik dari aspek geografis, ekonomis, sumberdaya manusia maupun kemampuan finansial.

Sampai dengan akhir tahun 2013, kegiatan tersebut akan melakukan benchmarking di daerah Kota Mataram dan sekitarnya, serta melakukan audit TIK di Kabupaten Pelalawan. Berbeda dengan benchmarking, audit TIK bertujuan untuk mengevaluasi kondisi eksisting dan mengidentifikasi peluang untuk peningkatan penerapan TIK di daerah tersebut. Hasil-hasil dari benchmarking akan dijadikan acuan dalam melakukan audit TIK.

Dari benchmarking di Kota Surabaya, diperoleh kesimpulan sementara bahwa faktor kritikal yang mempengaruhi keberhasilan implementasi e-Development antara lain komitmen dari pimpinan, sumber daya manusia yang memiliki kemampuan dan inovatif serta ketersediaan dana.

Beberapa sistem yang menonjol di Surabaya adalah (1) Broadband Learning Centre (BLC) yang merupakan usaha untuk menyediakan fasilitas bagi pembelajaran IT yang dapat dinikmati oleh masyarakat Surabaya secara gratis sebagai salah satu upaya percepatan menuju Surabaya Cyber City, (2) Sistem Manajemen Sumber Daya Pemerintah atau Government Resource Management System (GRMS) yang dicetuskan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan good governance di lingkungan pemerintahan Kota Surabaya dan berfungsi sebagai sarana pengelolaan sumber daya pemerintahan yang terintegrasi dari aktifitas birokrasi hulu sampai dengan hilir (dalam konteks belanja) yang telah dikembangkan oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam rangka menunjang pengelolaan keuangan daerah, (3) data centre dan infrastruktur jaringan yang mencakup jaringan FO yang luas jangkauannya hampir mencapai 60km, serta (4) sistem layanan satu atap yang telah dikembangkan menjadi Surabaya Single Window (SSW).

Sementara itu daerah lain di Provinsi Sulawesi Utara telah berupaya untuk menerapkan TIK dalam menunjang kepemerintahan yang dapat dilihat dari adanya komitmen pimpinan meskipun dari sisi sumber daya manusia masih mengalami keterbatasan. (pat/humas)

 

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id