Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Siap Dukung Program Presiden RI Wujudkan Pembangunan Pembangkit Listrik 35000 MW

Sejumlahmenteri Kabinet Kerja di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat tertutup. Rapat ini membahas tindak lanjut rencana pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW yang ditargetkan Presiden.

Rapat yang dilaksanakan  di Ruang Rapat Kepala BPPT tersebut berfokus pada peningkatan kandungan lokal untuk pembangunan pembangkit listrik 35.000 MW. Kandungan lokal dalam proyek pembangkit listrik 35 ribu MW ini penting dibahas. Tujuannya untuk mengembangkan industri dalam negeri.



‎"Kita rapat dalam rangka meningkatkan kandungan lokal dalam rencana pembangunan pembangkit 35.000 MW," ungkap  Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, kala membuka jumpa pers.

Kepala BPPT, Unggul Priyanto  yang menyampaikan paparannya menyebutkan bahwa BPPT siap untuk mendukung sepenuhnya program Presiden RI ini. “Kita sanggup mengerjakan. Manufaktur boiler sudah siap. Trafo kabel dan piping bisa. Jadi minimal bisa 40 prsen tingkat kandungan dalam negerinya,” jelas Unggul.

Pada paparan yang berjudul “Optimalisasi Peran Industri Kelistrikan Nasional dalam Pembangunan Pembangkit Listrik, Unggul juga mengutarakan bahwa tingginya penggunaan barang impor di Indonesia, mengakibatkan rendahnya kinerja dan utilitas industri nasional. Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus tanpa adanya upaya yang menyeluruh dan bersifat terpadu dari berbagai pihak terkait, baik masyarakat, pemerintah dan pengusaha, maka industri nasional tidak akan pernah mampu bersaing dengan industri luar negeri. “Saya juga harapkan ada dukungan kebijakan fiscal dari Kementrian Keuangan khusus untuk manufaktur pembangkit listrik,” tambahnya.


Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil menambahkan, pemerintah bakal memberikan komitmen penuh untuk mendorong industri dalam negeri memasok kebutuhan pembangunan pembangkit tersebut.

"Kita komitmen mendukung supaya konten lokal dalam industri ini bisa semaksimal mungkin. Kita cari mana yang lebih siap, kita dorong," tuturnya.

 
Sebagai informasi rapat ini juga dihadiri Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago, dan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. Selain itu, hadir pula Direktur PT PLN (Persero) Murtaqi Syamsudin. (SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id