Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Poltekkes Banten Memperluas Wawasan Mengenai K3 dan Teknologi Lingkungan di BPPT

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali menerima kunjungan dari Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Banten. Dalam kunjungan kedua ini mahasiswa dari jurusan analisis kesehatan mendapatkan kesempatan berkunjung ke Gedung Teknologi Sistem Kebumian (Geostech) untuk belajar mengenai peran teknologi lingkungan terhadap kesehatan dan juga pentingnya keselamatan dan kesehatan di lingkungan kerja (K3).




Cecep Dani Sucipto sebagai koordinator dari Poltekkes Banten berharap para mahasiswa dapat menambah wawasannya dalam bidang analisis kesehatan dan keselematan kerja dari BPPT sebelum terjun langsung ke dunia kerja, karena mereka akan diproyeksikan untuk bekerja di rumah sakit sebagai pelaksana layanan labotarium dan penyuluh kesehatan.



BPPT sebagai mitra akademisi menyambut baik kunjungan seperti ini, Kepala Sub Bagian Media Massa Humas BPPT, Surya Pratama, mengucapkan selamat datang kepada sembilan puluh mahasiswa dari Politekkes Banten saat memberikan sambutan dan pengarahan mengenai sejarah dan fasilitas BPPT di Gedung Manajemen BPPT Puspiptek Serpong, Senin (23/3).



Tim dari Pusat Teknologi Lingkungan (PTL), Nugro Raharjo, menerangkan peran teknologi dari BPPT yang digunakan dalam bidang kesehatan, salah satunya adalah instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di Rumah Sakit Medan, yang mampu mengolah air limbah medis mengandung bahan kimia secara mandiri.



Lebih lanjut, Nugro menjelaskan keunggulan teknologi yang diterapkan dalam IPAL ini, yaitu Mobile Onlimo GSM. Dengan teknologi ini proses pemonitoran dapat dilakukan secara online,  apabila telah melampui ambang kadar batas, maka secara otomatis akan mengirimkan pesan kepada pengawas untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.



“Keselamatan dan kesehatan kerja juga harus dijadikan prioritas utama walaupun sudah banyak dibantu oleh teknologi, karena saat ini dampaknya tidak lagi hanya untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar, namun bisa berakibat ke level yang lebih jauh dan luas terlebih bagi rekan-rekan yang kelak berkecimpung di bidang kesehatan, sehingga sebagai pelaku utama kesehatan harus bisa menjadi orang yang lebih bertanggung jawab” ujar Aflakhur Ridho, menambahkan pemaparan yang diberikan oleh tim PTL.



Setelah mendapatkan pemaparan mengenai peran BPPT dalam bidang teknologi lingkungan, Mahasiswa Poltekkes Banten diajak untuk melihat proses kerja mesin pengolahan air bersih secara langsung. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan wawasan baru yang tidak bisa didapatkan melalui bangku perkuliahan dan mampu  menginspirasi para Mahasiswa Poltekkes Banten untuk lebih menjaga kesehatan dan lingkungan baik bagi diri sendiri maupun lingkungan. (SA/SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id