Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Ciptakan Produk Bermanfaat, Presiden: Peneliti dan Dunia Usaha Perlu Kerjasama

"Coba bayangkan, dengan 17ribu pulau yang dimiliki Indonesia, lebih efisien apa antara transportasi udara dan laut jika kita ingin bepergian?" Pertanyaan tersebut dilontarkan Presiden RI Joko Widodo dalam National Innovation  Forum yang berlangsung pagi tadi (13/04) di Graha Widya Bhakti, Puspiptek Serpong.

 

 

Menurutnya, tantangan besar yang dihadapi Indonesia saat ini adalah tantangan di Bidang Transportasi, Bidang  Pangan dan Bidang Energi. "Saya dibisiki Prof Habibie, dilihat dari jumlah penumpang, Pesawat R80 adalah yang paling pas untuk transportasi antar wilayah. Untuk itu perlu adanya penelitian yang baik dan mumpuni untuk bidang transportasi ini," jelas Presiden. 

 

Bidang pangan dan bidang energi, menurut Presiden, juga membutuhkan penelitian yang berkesinambungan. "Saya melihat ada benih padi di Subang yang 1 hektarnya bisa menghasilkan 8-9 ton padi. Sorgum juga merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan sumber energi terbarukan," terangnya. 

 

Lebih jauh Presiden meminta agar para pelaku usaha, peneliti dan pemerintah saling bekerjasama dalam melakukan inovasi. "Kita ingin ada kerjasama yang jelas antara peneliti dan dunia usaha dalam berinovasi. Dengan demikian kita dapat memberikan produk yang bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id