Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

RAGAM TEKNOLOGI BPPT RAMAIKAN INDONESIA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM) SUMMIT 2015

Sebagai penyedia solusi teknologi pemerintah, BPPT telah banyak memberikan inovasi teknologi di berbagai sektor. Mulai dari solusi teknologi di sektor TIK (Teknologi, Informasi dan Komunikasi), sektor pertanian,sektor pertahanan dan keamanan, hingga pada sektor pangan, tidak terkecuali juga sektor lingkungan kebumian dan sektor manufaktur.

 

Keikutsertaan BPPT dalam Indonesia Supply Chain Management (SCM) Summit 2015 yang digelar di JCC (14-16/04), adalah dalam rangka mempromosikan produk inovasi hasil kerekayasaan BPPT terbaru, khususnya di bidang manufaktur dan lingkungan kebumian.

 

Pipa apung, merupakan salah satu produk inovatif unggulan BPPT yang mengoptimalkan sumber daya lokal, baik SDM maupun bahan baku karet alam, tanpa mengurangi kualitas produk yang dihasilkan. Spesifikasi teknis pipa apung ini sangat cocok bagi industri pengerukan dan perminyakan dan telah mendapatkan standar nasional Indonesia untuk produk pipa apung (SNI No SNI 7643:2010).

 

Tidak hanya itu, BPPT juga mempamerkan hasil rekayasa inovasi yang berfokus pada kelestarian lingkungan. Menurut Abdul Kholiq dari Balai Teknologi Lingkungan BPPT, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengurangi dampak tercemarnya tanah oleh tumpahan minyak.

 

"Pertama adalah dengan menggunakan bakteri. Cara ini sangat efektif dan hemat energi, namun kelemahannya adalah jangka waktunya yang cukup lama yakni sekitar dua sampai enam bulan. Metode lainnya adalah dengan memanaskan atau memanggang tanah pada suhu yang tinggi. Cara ini memang efektif lebih cepat, namun membutuhkan banyak energi. Dalam waktu dekat, kami dan Chevron akan bekerjasama menerapkan cara ini," tutur Kholiq.

 

Limbah fiber dari sabut kelapa yang selama ini terbuang, menurut Kholiq, juga bisa dimanfaatkan sebagai oil absorbent. Setelah diaktivasi melalui proses kimiawi, fiber akan mampu menyerap lebih banyak tumpahan minyak. "Dari hasil uji lab, satu kilogram fiber sabut kelapa dapat menyerap sepuluh kilogram minyak," cetusnya.

 

Masih banyak lagi produk-produk inovasi yang BPPT tampilkan dalam ISCM Summit 2015 kali ini. Salah satunya adalah Mie Hijau dari mikroalgae yang berfungsi untuk menyerap polusi. Berani Mencoba? Datang dan buktikan sendiri di booth BPPT 5B, JCC. (Humas)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id