Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Baron Techno Park Sebagai Pusat Pengembangan Energi Baru Terbarukan di Indonesia

 

“Sejak tahun 2010, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi telah membangun teknopark di Kabupaten Gunung Kidul dengan nama Baron Techno Park. Baron Techno Park dibangun sebagai pusat penelitian dan pengembangan enrgi baru terbarukan (EBT) yang dipergunakan sebagai sarana diseminasi IPTEK EBT, dikatakan Kepala BPPT Unggul Priyanto saat meninjau kawasan Baron Techno Park  mendampingi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bupati Gunungkidul serta Rektor UGM (3/12)”.

 

 

Menurut Unggul, kawasan Baron yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta, dipilih kerena kawasan tersebut memiliki potensi sumberdaya energi terbarukan seperti, surya, bayu, energi laut, biomassa dan lainya yang sangat besar. 

 

 

Unggul menambahkan saat ini di kawasan Baron Techno Park tengah dikembangkan energi terbarukan mulai dari listrik tenaga bayu atau angin dengan kapasitas 15 kilowatt, listrik tenaga surya dengan kapasitas 40 kilowatt, listrik tenaga diesel berbahan baku biofuel dengan kapasitas 100 kilowatt.

 

 

Listrik yang dihasilkan tersebut seluruhnya digunakan untuk keperluan operasional peralatan yang ada di Baron Techno Park. Semua kebutuhan   listrik tersebut dihasilkan sendiri di Baron Techno Park, tidak mengunakan PLN, jelasnya.

 

 

“Harapannya Baron Techno park bisa menjadi salah satu pusat pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia dan menjadi pusat edukasi serta mendukung keberadaan pariwisata yang ada di Gunungkidul,” harapnya.

 

 

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengatakan Baron Techno Park diharapkan nantinya sebagai wisata minat khusus atau wisata edukasi. Jadi nantinya ini juga bisa didorong menjadi wisata yang sifatnya mendidik buat masyarakat.

 

 

"Terlepas dari itu, teknologi seperti ini juga diharapkan bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat", ujar Sri Sultan Hamengkubuwono X. 

 

 

Senada dengan Gubernur DIY  Plt Bupati Gunungkidul Budi Antono, mengatakan Baron Techno Park dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang ada disekitar. 

 

 

"Selain menjadi sarana pendidikan, diharapkan, Baron techno Park menjadi objek wisata berbasis teknologi yang tentunya dapat memberikan nilai tambah buat Kabupaten Gunungkidul", ujarnya. (Humas)

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id