Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Sekretaris Utama BPPT: Terus Tingkatkan Kinerja Pelayanan Prima

Setama BPPT menyampaikan hasil capaian Sestama selama tahun 2015
Setama BPPT menyampaikan hasil capaian Sestama selama tahun 2015

Genap setahun Sekretariat Utama (Setama) di bawah komando Sekretaris Utama Soni S. Wirawan, melakukan berbagai perubahan dan peningkatan layanan untuk meningkatkan kualitas kerja pegawai BPPT. Sejak 20 Oktober 2014 lalu  dilantik, Soni mengutarakan bahwa jajarannya telah melakukan berbagai hal yang terbaik bagi BPPT. “Alhamdulillah akhir tahun ini ditutup dengan hal yang manis. Reorganisasi kita sudah rampung dan usulan kenaikan tunjangan kinerja untuk pegawai sudah disetujui oleh Kementerian Keuangan,” ungkap Soni kala memaparkan Capaian Sekretariat Utama 2015 di Auditorium Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi, Puspiptek, Tangsel, (28/12).

 

Menurut Soni sudah menjadi kewajiban Sekretariat Utama untuk melayani dan mendukung kegiatan unit kerja di BPPT. Dirinya juga mengklaim telah berperan dalam perbaikan BPPT, dimana perbaikan tersebut telah berhasil dilakukan baik secara fisik, organisasional, maupun sistemik. “Sebagai contoh adalah peningkatan ekspose media massa untuk meningkatkan imej BPPT dimata publik. Kemudian juga penambahan mobil jemputan, ambulans, klinik kesehatan dan perbaikan fasilitas kantor. Semua ini dilakukan untuk memudahkan aktivitas kerja pegawai BPPT,” tutur Soni.

 

Selain itu, dipaparkan oleh Soni bahwa saat ini sistem administrasi kepegawaian juga telah dilaksanakan secara elektronik. Sebagai contoh  untuk  data kepegawaian ada aplikasi SIDADU (Sistem Informasi Data Kepegawaian Terpadu). Kemudian  data dari SIDADU ini diintegrasikan juga  dengan data di aplikasi perijinan dan absensi pegawai yang kita kenal dengan SIDAPI.  Selanjutnya Soni mengatakan bahwa beberapa pelayanan tadi memang tampak kecil, seperti Biro Keuangan dapat membayarkan gaji kita secara tepat waktu, padahal menurutnya untuk mewujudkan pembayaran gaji agar selalu tepat waktu juga membutuhkan usaha yang keras.

 

Dalam hal pembinaan dan diklat pegawai BPPT, Sekretaris Utama menyebut telah melaksanakan pendidikan bergelar dan non gelar untuk pegawai BPPT. Selain itu sebagai instansi pembina jabatan fungsional perekayasa pihaknya juga tengah mengupayakan  Revisi Permenpan Jabatan Fungsional Perekayasa. Namun disamping itu, pada tahun ini juga telah dilaksanakan Penganugerahan Gelar Perekayasa Utama Kehormatan kepada Jacobus Busono.

 

Kemudian capaian penting yang juga berhasil diraih jajaran Sekretariat Utama adalah meningkatnya Hasil Capaian LAKIP BPPT tahun 2015 terhadap kinerja tahun 2014  yang dievaluasi oleh kemenpan-RB. “Tahun  ini nilai kita naik 68,14 (B), meningkat dari tahun sebelumnya 2014 (67,07).” pungkas Soni.

 

Menanggapi Capaian Sekretariat Utama tersebut Kepala BPPT Unggul Priyanto mengingatkan untuk tidak cepat berpuas diri. “Apa yang dicapai oleh Setama adalah capaian BPPT, karena Setama adalah pendukung keberhasilan BPPT”, ujar Kepala BPPT.

 

Unggul juga meminta agar Sekretariat Utama untuk meningkatkan capaiannya tahun depan, seperti target Reformasi Birokrasi serta mendorong jumlah paten yang disertifikasi dan menambah inovasi dan teknologi di BPPT. Kemudian Unggul juga mematok target agar kedepan nilai LAKIP harus lebih tinggi lagi. “Tahun depan kita harus kejar nilai di atas 70. Kita harus raih predikat BB. Kemudian saya juga ingin awal tahun 2016 Revisi Permenpan Perekayasa harus sudah selesai,” tegas Kepala BPPT. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id