Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Kepala BPPT: Kongres Teknologi Nasional Berikan Rekomendasi Teknologi Terbaik Untuk Indonesia

 

Jakarta (25/7) - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) gelar Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2016.  Bertemakan “Inovasi Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa dan Negara”,  KTN 2016 akan berlangsung pada 25 sampai 27 Juli 2016, di Auditorium Gedung II BPPT Lantai 3, Jl. M. H. Thamrin No 8, Jakarta.

 

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan bahwa KTN 2016 ini  difokuskan untuk membahas  3 (tiga) bidang teknologi, yakni Energi, Pangan dan Maritim. “Melalui KTN kami bertujuan untuk menyiapkan Rekomendasi Teknologi dalam rangka mendukung pengembangan industri nasional serta peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, sesuai dengan Program Nawacita pemerintah dan RPJMN Tahap III 2015-2019,” papar Unggul dalam sambutannya.

 

 

 

 

Kongres ini lanjut Unggul, juga berupaya untuk menghasilkan rekomendasi baik secara makro dan mikro terhadap bidang bidang teknologi yang dibahas.  Pada hari pertama Kongres Teknologi ini, Unggul menuturkan bahwa BPPT akan meluncurkan Outlook Energi Indonesia  2016.

 

 

“Outlook ini memuat tentang analisis kepakaran BPPT terkait kebutuhan dan penyediaan energi, serta infrastruktur energi jangka panjang dengan mempertimbangkan potensi cadangan dan sumber daya energi, pertumbuhan ekonomi serta faktor-faktor yang berpengaruh lainnya.  Outlook ini juga berisikan berbagai rekomendasi dari sisi teknologi, terkait penggunaan sumber energi untuk suplai kebutuhan energi diberbagai sektor; yakni Transportasi, Kelistrikan, Rumah Tangga, dan Industri,” rincinya.

 

 

Terkait Terkait Bidang Pangan jelas Unggul, juga akan diluncurkan Outlook Teknologi Pangan di hari kedua Kongres Teknologi Nasional. Outlook pangan ini jelasnya, berisikan rekomendasi untuk mewujudkan Ketahanan Pangan nasional, mulai dari peningkatan produksi pangan, serta pengolahan pasca panen, utamanya pada tanaman lokal.

 

 

Sementara di bidang Maritim sebut Unggul, pada hari ketiga KTN,  akan menghadirkan PIANC, yang merupakan organisasi global  dari Belanda untuk pembahasan mendalam dalam hal infrastruktur transportasi air seperti pelabuhan. Khususnya untuk membahas mengenai dwelling time yang juga terjadi karena manajemen pelabuhan.

 

“Selain itu di bidang Maritim akan dibahas berbagai upaya untuk memanfaatkan potensi kelautan Indonesia terkait pemanfaatan sumberdaya kelautan, industri maritim serta potensi wisata maritim di Indonesia.  Kami juga berharap Kongres Teknologi Nasional ini dapat menghasilkan rekomendasi terkait inovasi teknologi yang terbaik untuk Indonesia,” pungkasnya. (Humas/HMP)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id