Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Penghargaan Efisiensi Energi Nasional ESDM 2016: BPPT Raih Peringkat Pertama Hemat Energi dan Air 

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. BPPT menjadi juara 1 dalam kategori penghematan energi dan air pada pemerintah pusat. Penghargaan ini diterima oleh Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan dalam malam Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) ke-5 tahun 2016.

 

" Penghargaan Efisiensi Energi Nasional ke-5 tahun 2016 " (PEEN 2016) merupakan penghargaan atas upaya-upaya penerapan efisiensi dari konservasi energi terbaik yang diberikan kepada institusi pemerintah, pemangku kepentingan disektor bangunan serta industri, yang digelar oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) melalui Direkorat Jendral Energi Baru, terbarukandan Konservasi Energi (EBTKE).

 

Kami mengucapkan terima kasih atas Penghargaan terbaik yaitu  Juara I Penghematan Energi dan Air pada Pemerintah Pusat. Kedepan tentunya penghargaan ini menjadi tugas berat dari BPPT karena akan  dijadikan role model nasional  oleh  negara  ASEAN  yang akan berkunjung ke Indonesia ”Ujar Soni

 

Menurut Sekretaris Utama BPPT, penghargaan penghematan energi dan air yang diterima BPPT ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen seluruh pegawai BPPT.

 

"Penghematan air dan efisiensi energi di Gedung BPPT telah dilakukan  sejak Tahun 2011. Efisiensi air seperti melalui inovasi teknologi dimana kami dapat memanfaatkan air hujan untuk penyiraman air taman, cuci kendaraan. Selain itu kami juga lakukan upaya-upaya penghematan air lainnya,”  jelas Soni usai menerima penghargaan di Hotel Bidakara, Jakarta (4/8).

 

BPPT tambah Soni juga telah melaksanakan  efisiensi  energi di perkantoran.  "Semuanya diawali dari perbaikan lampu yang terpasang dan hemat energi  di Gedung BPPT,“ tuturnya saat ditemui awak media.

 

Lebih lanjut Soni berharap penghargaan ini dapat lebih memacu BPPT serta dapat menjadi contoh bagi perkantoran lainnya, untuk segera melaksanakan hemat air dan energi.

 

"Terima kasih atas Penghargaan terbaik,  Juara I Penghematan Energi dan Air pada Pemerintah Pusat. Kedepan tentunya  penghargaan ini menjadi tugas berat dari BPPT karena akan  dijadikan role model nasional  oleh  negara  ASEAN  yang akan berkunjung ke Indonesia ” pungkasnya.

 

Sementara Dirjen EBTKE Rida Mulyana, mewakili menteri ESDM dalam sambutannya menyebut bahwa tahun ini merupakan penyelenggaraan PEEN yang ke-5.

 

"PEEN adalah wujud apresiasi kepada para pengguna energi , baik pemerintah maupun swasta yang telah berhasil menerapkan upaya konservasi energi, Penghargaan ini juga mendoong masyarakat untuk melakukan konservasi energi " paparnya.

 

Sebagai informasi, sebanyak 84 peserta PEEN  terbagi atas beberapa katagori yaitu 6 peserta katagori Bangunan GEdung Hemat Energi, 39 peserta katagori Manajemen Energi di BAngunan Gedung dan Industri, serta 39 peserta dari katagori Penghematan Energi dan Air di Pemerintah Pusat dan Daerah.

 

Untuk menentukan pemenang yang berkualitas berbagai pihak berkompeten didapuk menjadi juri dalam PEEN 2016 yaitu : Wakil dari Kementerian PUPR, Himpunan Ahli Konservasi Energi ( HAKE ) Green Building Council Indonesia ( GBCI ) , American Society of Heating, Refrigeration, and Green building council Indonesia ( ASRAE ), PT. Energi Manajemen Indonesia ( PT. EMI ) Universitas Indonesia ( UI ) dan wakil dari Dirjen Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi ( DJEBTKE ). (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id