Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Pidato Awal Tahun Kepala BPPT : Tingkatkan Peran BPPT Dalam Daya Saing dan Kemandirian Bangsa

Kepala BPPT Unggul Priyanto memaparkan hasil inovasi dan layanan teknologi BPPT selama tahun 2016, dan menjelaskan program unggulan BPPT selama setahun kedepan dalam acara Pidato Awal Tahun Kepala BPPT, 09-01-2017. (Humas Photo - SAS)

Visi BPPT adalah menjadi pusat unggulan teknologi yang mengutamakan inovasi dan layanan teknologi untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa. Untuk mencapai visi itu maka ada enam misi BPPT, yang intinya adalah melaksanakan pengkajian dan penerapan teknologi. Ini merupakan tugas pokok BPPT untuk menghasilkan inovasi dan layanan teknologi di berbagai bidang teknologi yang intinya mencakup lima Kedeputian dan satu Sekretaris Utama.

 

Demikian disampaikan Kepala BPPT, Unggul Priyanto dalam Pidato Awal Tahun 2017 dengan tema “Melaui Penajaman Sasaran Program dan Kegiatan Kita Tingkatkan Peran BPPT Dalam Daya Saing dan Kemandirian Bangsa”, di Auditorium Gedung II BPPT, Jakarta, (09/1).

 

 

Pada acara yang dihadiri seluruh pegawai ini Kepala BPPT juga kembali menegaskan bahwa  kontribusi BPPT dalam Nawa Cita Pemerintah RI, masuk dalam butir pertama, yakni menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara. Dalam hal ini kata Unggul BPPT terlibat dalam pengembangan industri pertahanan nasional, yang ini dilaksanakan oleh Deputi BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR).

 

“Kemudian dalam butir 4 dan 6 yakni meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing dipasar internasional maka kita melaksanakan sejumlah Technopark di beberapa daerah yang prasarananya dikerjakan oleh Deputi PKT (Pengkajian dan Kebijakan Teknologi), TAB (Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi) , TPSA (Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam) dan TIEM (Teknologi Informasi Energi dan Material),” jelas Unggul.

 

Kemudian pada butir 7 Nawa Cita yakni mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor-sektor strategis ekonomi domestik. Kontribusi BPPT menurut Unggul  yakni mewujudkan kedaulatan pangan, kedaulatan energi, serta mewujudkan penguatan teknologi melalui kebijakan penciptaan sistem inovasi nasional, dalam hal ini ada empat Kedeputian yang terlibat yaitu Kedeputian TAB, Kedeputian TIEM, Kedeputian PKT serta Kedeputian TIRBR.

 

Dari 23 program prioritas nasional, Unggul menuturkan BPPT banyak dilibatkan salah satunya seperti Agenda Reformasi Birokrasi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kata Unggul, meminta BPPT untuk menyusun e-government di setiap kantor pemerintah pusat maupun daerah, agar pelayanan publik dapat ditingkatkan.

 

"Pembangunan kesehatan, pembangunan kedaulatan pangan, pembangunan kedaulatan energi, pembangunan kemaritiman dan kelautan. Pembangunan industri, pembangunan pedesaan dan perkotaan, konektifitas nasional serta stabilitas keamanan dan ketertiban, BPPT akan banyak berperan dalam hal tersebut," tutup Unggul. (Humas/HMP)

Pewarta/Editor : ARZ

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id