Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Inpassing Nasional Jabatan Fungsional, Sestama BPPT: Pilih Jabatan Sesuai Keahlian

Sestama BPPT Soni Solistia Wirawan menghimbau kepada seluruh para Kepala Unit dan karyawan BPPT yang belum memiliki jabatan fungsional tertentu untuk memanfaatkan kesempatan inpassing nasional pada tahun 2017, saat membuka acara Sosialisasi Permenpan dan RB Nomor 26 Th. 2016 di Puspiptek, Serpong. 02-02-2017. (Humas BPPT - SAS)

"Kebijakan pemerintah saat ini adalah bagaimana membangun karier bagi setiap Aparatur Sipil Negara (ASN), salah satunya adalah melalui jabatan fungsional. Kenapa? karena jabatan fungsional itu jabatan yang berbasis keahlian dan ketentuan tertentu," terang Sekretaris Deputi Bidang SDM dan Aparatur, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Aba Subagja.

 

Jabatan struktural, tambah Aba, cukup terbatas jumlah posisinya. Terlebih lagi dengan adanya perampingan organisasi yang terjadi baik di pusat maupun didaerah. Dengan begitu, jabatan fungsional merupakan suatu terobosan dalam pengembangan karier ASN.


"Kita ingin menguatkan posisi jabatan fungsional yang memang secara teknis menunjang tugas instansi," ucapnya dalam Sosialisasi Permenpan dan RB Nomor 26 Tahun 2016 tentang Pengangkatan PNS Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian/Inpassing di Ruang Auditorium Gedung Pusat Inovasi dan Bisni Teknologi BPPT, PUSPIPTEK, Serpong (02/02).

Sosialisasi Permenpan dan RB Nomor 26 Tahun 2016 tentang Inpassing Nasional Jabatan Fungsional di lingkungan BPPT dijelaskan langsung oleh SekDep Bidang SDM dan Aparatur KemenPan RB, Aba Subgja. 02-02-2017. (Humas BPPT - SAS)


Menurutnya dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan karier para ASN diluar jabatan struktural dapat berkembang. "Dan kita juga ingin membudayakan kepada teman-teman ASN, bahwa jabatan karier itu tidak harus struktural. Ada juga jabatan lainnya seperti jabatan fungsional yang setara," tandas Aba.


Sekretaris Utama BPPT, Soni Solistia Wirawan mengatakan ada 789 dari 3146 pegawai BPPT yang belum menduduki JFT (Jabatan Fungsional Tertentu). Dengan adanya Permenpan & RB Nomor 26 Tahun 2016 ini, semua pegawai BPPT diwajibkan untuk masuk dalam JFT.


"Kita diberi kesempatan hingga akhir 2018 untuk melakukan Inpassing. Ada 13 JFT yang dapat di pilih, yakni Auditor, Analis Kebijakan, Arsiparis, Widyaiswara, Analis Kepegawaian, Auditor Kepegawaian, Assesor SDM Aparatur, Perencana, Penerjemah, Pranata Komputer, Peneliti, Dokter dan Dokter Gigi. Sementara diluar 13 JFT itu ada jabatan fungsional Perekayasa dimana BPPT merupakan lembaga pembina perekayasa nasional. Namun, dalam menentukan posisi harus sesuai dengan keahlian masing-masing," jelas Soni. (Humas/HMP)


Pewarta / Editor : YWAP

 

Download Permenpan dan RB Nomor 26 Tahun 2016 tentang Pengangkatan PNS Dalam Jabatan Fungsional Melalui Penyesuaian/Inpassing di sini

Download Paparan Bahan Sosialisasi di sini

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id