Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Perilaku Manusia, Faktor Utama Dalam Perkembangan TIK. 

www.bppt.go.id -Jakarta- "Ada dua hal yang harus dipenuhi dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini, pertama adalah faktor people atau manusia dan yang kedua adalah keamanan sistemnya mulai dari awal sampai akhir".

 

 

Dikatakan Michael A. Purwoadi, Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT, faktor perilaku manusia menjadi dominan dalam penggunaan TIK. "Misalnya seseorang tidak aware atau waspada terhadap email yang masuk. Sembarang saja Ia buka, padahal isinya virus", ucap Pur, panggilan akrabnya, di sela-sela Dialog Inovasi TIK Dalam Mendukung Kemandirian Keamanan Data dan Informasi, di Gedung BPPT, Selasa (18/07).

 

Sementara untuk keamanan sistem, menurut Pur, ini menjadi sangat penting terlebih lagi dengan perkembangan dunia bisnis yang kian hari semakin terdijitalisasi.

 

"Bayangan saja misal kita di bandara, tiba-tiba sistem informasi yang menampilkan data penerbangan rusak. Tentunya akan sangat merepotkan. Hal-hal semacam ini yang harus dibuat secara baik sistemnya, agar semua terkoneksi", terangnya.

 

Dari sisi kepemerintahan, Pur menambahkan, BPPT juga sudah menyiapkan sebuah software e-government yang bisa dipakai diseluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah. Ini dimaksud agar semua pelayanan publik, perencanaan dan penganggaran terintegrasi.

 

"BPPT diminta untuk menyiapkan software tersebut. Tentu faktor keamanan sistem sudah kami penuhi. Kedepan, tantangan BPPT semakin besar seiring perkembangan teknologi yang semakin maju. Berkolaborasi dengan pihak lain sangat diperlukan agar keamanan data dan Informasi di Indonesia semakin baik", tandasnya. (humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id