Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Alat Kesehatan Dalam Negeri Butuh Dukungan

www.bppt.go.id -Jakarta- Tidak banyak yang menyadari, Indonesia sesungguhnya memiliki ketergantungan kuat terhadap alat kesehatan (alkes) impor. Sedikit sekali alkes hasil buatan industri dalam negeri yang dipakai secara luas.


Dari sisi kemampuan enjiniring, tentunya Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Demikian juga dari sisi teknologi, banyak teknologi hasil kreasi anak bangsa yang justru dipakai di luar negeri. Lalu apa penyebabnya?



"Indonesia memang dibanjiri alkes buatan luar negeri. Artinya apa? daya saing industri alkes Indonesia dianggap rendah. Ditambah lagi, tingkat kepercayaan pengguna, yakni Rumah Sakit dan dokter, juga rendah", terang Yaya Suryana,  Perekayasa BPPT Bidang Teknologi Kesehatan, usai menjadi moderator pada sesi dialog Penguatan Inovasi Teknologi dalam Pengembangan Industri Alat Kesehatan Nasional, di Gedung II BPPT, Rabu (19/07).


Berbicara daya saing, menurutnya, adalah berbicara kualitas. Kualitas yang baik tentunya yang didasari oleh adanya suatu standar, dan sebuah standar sudah pasti memerlukan adanya pengujian. 


"Ini yang belum dimiliki Indonesia. Suatu badan atau unit yang mempunyai otoritas untuk melakukan uji alat kesehatan apakah layak pakai atau aman digunakan, sekaligus juga bisa menindak apabila ditemukan adanya alkes palsu. Seperti BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yang mempunyai kewenangan penuh terhadap obat", ucap Yaya. 


Padahal, tambahnya, jika alkes hasil buatan industri dalam negeri telah mendapatkan sertifikat lolos pengujian, akan menambah kepercayaan pengguna terhadap alkes asli Indonesia ini. 


"Memang terkadang pihak pengguna juga memakai alkes impor itu karena faktor kebiasaan. Namun seiring dengan waktu, apalagi jika dibuktikan dengan kualitas yang bahkan bisa lebih baik dari produk impor, tentu pengguna pun akan beralih. Singkatnya, produk alkes Indonesia pasti akan dipilih jika sudah ada unit yang menguji", jelas Yaya. (humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id