Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PERLU PERUBAHAN MINDSET DALAM PELAYANAN PRIMA

Penyusunan rencana strategis untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya baik modal maupun sumber daya manusia, merupakan suatu keharusan. Penyusunan rencana strategis di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi pun harus disusun secara bersama-sama demi tercapainya visi dan misi organisasi.

‚Oleh karena itu didalam menyusun rencana tersebut saya meminta kepada seluruh komponen BPPT untuk mempersiapkan rencana-rencana yang akan dilaksanakan 2010-2014, termasuk di lingkungan Sekretariat Utama. Tujuannya adalah bahwa kita ingin secara bersama-sama menyusun rencana aksi kita, dan diharapkan merasa memiliki apa yang sedang kita susun untuk kita laksanakan 5 tahun ke depan nanti. Diharapkan semua menjadi ownership daripada rencana tersebut. Jangan sampai ada yang mengatakan ini hanya rencana kegiatan kalangan atas saya harap kita semua harus bertanggung jawab apa yang akan kita laksanakan nanti,‚ ujar Jumain Appe, Sekretaris Utama BPPT.

Sekretariat Utama (Setama) merupakan unit pendukung daripada pelaksanaan program dan kegiatan di lingkungan BPPT. Setama berperan dan mempunyai tanggung jawab besar, bagaimana rencana aksi daripada program tersebut bisa berjalan, karena Setama melakukan pengelolaan secara administratif mengenai pembinaan SDM, melaksanakan pengelolaan di bidang anggaran, serta program kehumasan. Pengembangan suatu program untuk komersialisasi juga diwujudkan dengan adanya BPPT Engineering dan BIT. Tidak hanya sampai disitu, bagaimana keduanya lebih berkembang secara bisnis di masa datang juga menjadi sebuah hal yang perlu pemikiran dan perencanaan yang matang. Terpenting adalah perlunya pemikiran untuk mengembangkan BPPT menjadi suatu organisasi yang berjiwa bisnis dan memiliki kinerja sesuai dengan yang diharapkan.

‚Kita sangat berperan disini, bagaimana kita memberikan rambu-rambu berupa SOP untuk mendukung kedeputian teknis dalam pelaksanaan pelayanan jasa teknologi, Badan Layanan Umum dan swakelola. Jadi ini tugas yang kita harus lakukan bersama-sama supaya kedeputian teknis dalam melaksanakan kegiatannya merasa nyaman dan transparan dalam melaksanakan kegiatan pelayanan jasa teknologi,‚ tegas Jumain saat membuka Rapat Koordinasi Setama 2010, di Tugu, Puncak (4/2).

Reformasi Birokrasi

‚Tetapi apapun yang kita lakukan kalau belum ada suatu perubahan di dalam pola pikir kita, itu rasanya tidak akan terjadi. Oleh karena itu program Reformasi Birokrasi merupakan sesuatu yang harus kita jalankan secara bersungguh-sungguh, yang intinya pelayanan prima yang harus disertai dengan perubahan mindset,‚ tambah Jumain.

Pembahasan mengenai reformasi birokrasi juga mencakup dua hal yang paling penting yakni penyusunan suatu quickwin yang bertujuan untuk menciptakan pelayanan prima terutama nanti memberikan pelayanan yang terbaik di dalam pelaksanaan program dan kegiatan BPPT di kedeputian teknis.

‚Selain quickwin kita perlu memikirkan bagaimana BPPT ke depan, atau bagaimana peran BPPT ke depan, karena peran BPPT tidak lepas dari peran kita di Setama. Oleh karena itu kita juga akan membahas postur birokrasi di Setama. Karena ini akan menuju pada optimalisasi dari pemanfaatan sumberdaya. Jadi nanti di dalam pembahasan kita akan menyusun satu rencana penajaman program, kemudian quickwin, postur birokrasi dan bagaimana kita mendukung PNBP,‚ ujar Jumain. Rakor Setama 2010 yang berlangsung dua hari tersebut diikuti seluruh eselon II, III dan IV di lingkungan Sekretariat Utama BPPT serta Manajemen Audiovisual BPPT, mengambil tema "Dengan Pelayanan Prima, Kita Dukung Pemanfaatan Teknologi Melalui Kemitraan untuk Mendukung Daya Saing industri". (SP/humas*)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id