Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

MENINGKATKAN PERAN PERPUSTAKAAN

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan di bidang pengelolaan perpustakaan, Pusat pendidikan dan pelatihan, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan pengenalan perpustakaan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Perpustakaan Nasional RI. Dengan demikian, untuk menambah wawasan dalam penegelolaan perpustakaan, diadakan kunjungan atau studi banding ke Perpustakaan BPPT.

‚Tujuan studi banding ini memang untuk membandingkan apa yang ada ditempat sendiri dengan tempat yang dikunjungi, hasilnya untuk meningkatkan mutu, dan konsep membuat kebijakan baru. Perpustakaan BPPT ini pada dasarnya perpustakaan khusus yang terbentuk karena adanya kebutuhan literatur pustaka dari para pegawai‚, ungkap Kepala Perpustakaan BPPT, Juliati Junde saat pembukaan acara kunjungan perpustakaan pada 21 Mei 2010 lalu.

Secara struktural Perpustakaan BPPT berada di bawah Pusat Data, Informasi dan Standarisasi (PDIS). Dasar Hukumnya berdasarkan Surat Keputusan Kepala BPPT No 170/Kp/BPPT/IV/06, yang tugasnya melaksanakan penyediaan, pengolahan dan pelayanan bahan pustaka, informasi perpustakaan, dan pemasyarakatan hasil-hasil penelitian BPPT dan sesuai dengan kebijakan BPPT, sistem otomasi menggunakan open source.

‚Aktivitas Perpustakaan BPPT juga berusaha mengikuti perkembangan zaman, data-data kegiatan-kegian BPPT dilakukan pengalihan dari kertas ke dalam format digital, lalu penyusunan aplikasi e-library. Pustakawan BPPT juga berusaha mengumpulkan informasi berupa full text & abstrak dari terbitan BPPT mengenai bidang kajian terap unggulan BPPT‚, jelas Juliati.

Lebih lanjut Juliati menjelaskan bahwa aktivitas perpustakaan kerap mengalami kendala, karena BPPT tidak hanya berlokasi di Jakarta, tetapi ada di serpong, Lampung, Yogyakarta, Surabaya, bahkan di Bali. Pustakawan tetap berusaha mengumpulakan informasi yang dimiliki dari unit krja ttersebut yang disebut Pembinaan Pustaka Unit Kerja (PPUK). Koleksi yang disimpan di unit kerja dikelola di Perpustakaan Unit Kerja, tetapi koleksi yang tidak disimpan oleh unit kerja, diserahkan pada Perpustakaan BPPT untuk dikelola.

Sumber daya yang dikoleksi oleh Perpustakaan BPPT berupa Buku, Majalah, Artikel, Jurnal Online dan CD-ROM full text. ‚Semua koleksi yang dimiliki harus adanya perawatan untuk mengantisipasi kerusakan. Koleksi-koleksi tersebut sebelumnya dilakukan proses fumigasi, yaitu diberikan cairan sehingga tidak rusak dengan kutu buku, atau cara lain dengan penjilidan, sekarang ini yang kita lakukan dengan alih media jadi dari format cetak ke digital‚, jelas Ramatun Anggraini, Kepala Sub Bidang Akuisisi dan Pengolahan Perpustakaan.

‚User perpustakaan BPPT adalah pegawai-pegawai BPPT itu sendiri, maka proses pengadaan koleksi, dilakukan dengan menyebarkan quesioner kepada para pegawai, agar koleksi yang dikumpulkan sesuai dengan apa dibutuhkan olehpara pegawai tersebut‚, lanjutnya

‚Peran perpustakaan sangat penting dalam mendukung kemajuan institusi. Sesuai dengan UU KIP tentang Keterbukaan Informasi Publik, nantinya informasi-informasi yang diperoleh dari hasil kegiatan-kegiatan BPPT akan digitalisasikan untuk disosialisasikan kepada masyarakat‚, kata Juliati. (KS/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id