Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

KEPALA BPPT LANTIK LIMA PEJABAT ESELON 1 BPPT

‚Pelantikan Deputi Kepala BPPT yang baru saja dilaksanakan tentu bukanlah sekedar peristiwa seremonial prosedural belaka, melainkan sebagai forum untuk meneguhkan komitmen kita dalam mengemban tugas membangun kejayaan bangsa melalui penerapan teknologi‚, ungkap Kepala BPPT, Marzan Aziz Iskandar saat acara Pelantikan Pejabat Eselon I BPPT di Auditorium BPPT, Rabu (16/06).

Lebih lanjut Kepala BPPT menegaskan bahwa sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BPPT, dalam pelaksanaannya harus mengacu pada Rencana Pembagunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), fokus pada 11 Program Prioritas Nasional, serta Top of The Top 15 Program Pilihan Presiden. ‚Dari program-program tersebut, BPPT harus berperan terutama dalam revitalisasi industri pertahanan, ketahanan energi, ketahanan pangan, revitalisasi industri pupuk dan gula, pembangunan infrastruktur, perubahan iklim dan lingkungan dan penanggulangan bencana‚.

Berdasarkan 10 direktif Presiden SBY yang disampaikan di Tampak Siring 19 April 2010 lalu, terdapat beberapa hal yang terkait dengan tugas BPPT seperti ketahanan pangan dan air, ketahanan energi, daya saing ekonomi dan green economy yang termasuk di dalamnya green efficiency. Sementara terkait tentang inovasi teknologi, Presiden SBY telah menetapkan target jangka menengah dari Komite Inovasi Nasional (KIN), yaitu melakukan kajian dan memberikan rekomendasi kepada Presiden mengenai eco-innovation (Research, Development & Application) dalam bidang-bidang seperti energi pangan dan air, kesehatan, kelautan, pertahanan dan kemananan serta bidang transportasi.

‚Berbagai program dan kebijakan tersebut harus dipetakan dalam 12 teknologi yang menjadi kompetensi BPPT, yaitu teknologi energi, teknologi transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, teknologi pangan dan kesehatan, teknologi hankam militer dan nir militer, teknologi material, teknologi manufaktur, teknologi lingkungan dan kebumian serta kebijakan teknologi. Bila kita lihat keterkaitannya, maka kita bersyukur bahwa konsep, kebijakan, visi dan misi BPPT sudah sejalan dengan program nasional‚, kata Kepala BPPT.

Pada kesempatan tersebut Kepala BPPT juga menyampaikan mengenai beberapa prestasi yang telah diraih oleh BPPT selama tahun 2010, diantaranya yaitu berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam penilaian laporan keuangan oleh BPK dan meningkatnya PNBP dan BLU yang mencapai 114 milyar. Selain itu, prestasi lainnya yaitu diraihnya penghargaan PNS dengan kinerja luar biasa nasional tahun 2010 yang diberikan kepada dua pegawai BPPT. ‚Hal yang tidak kalah membanggakan adalah pelaksanaan program Reformasi Birokrasi (RB) BPPT, berhasil meraih nilai baik oleh Tim Penilai Independen dari Tim kerja Reformasi Birokrasi Nasional‚.

Pejabat Eselon 1 yang dilantik yaitu (1) Unggul Priyanto sebagai Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM), (2) Ridwan Djamaluddin sebagai Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam (TPSA), (3) Listyani Wijayanti sebagai Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) dan (4) Tatang Akhmad Taufik sebagai Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT), serta (5) Iskendar sebagai Pelaksana Tugas Harian Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR). Hadir sebagai saksi Deputi Kementerian Riset dan Teknologi Bidang Relevansi Produktivitas Iptek, Teguh Rahardjo dan Sekretaris Utama Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Noor Agus Salim. (KYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id