Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

KEPALA BPPT: PENGUATAN SISTEM INOVASI UNTUK DAYA SAING DAN KEMANDIRIAN BANGSA

Tugas BPPT adalah melaksanakan tugas pemerintahan dalam bidang pengkajian dan penerapan teknologi sesuai dengan UU yang berlaku. Dalam visi misi, peran serta layanan teknologi dan value proposition BPPT, semuanya adalah untuk menciptakan kesejahteraan pada rakyat Indonesia. Oleh karena itu, BPPT siap bermitra dengan siapa saja, tegas Kepala BPPT, Marzan A Iskandar, dalam Pidato Tahunan yang dibawakan di Ruang Auditorium, Jum'at (20/08).

 

Pidato Tahunan merupakan rangkaian dari kegiatan HUT BPPT. Setiap tahunnya, Kepala BPPT membacakan Pidato Tahunannya, dihadapan seluruh pegawai BPPT.  Tahun 2010 ini, Kepala BPPT, Marzan A Iskandar membawakan pidato tahunannya yang berjudul Peran BPPT Dalam Penguatan Sistem Inovasi Untuk Daya Saing Dan Kemandirian Bangsa.

Untuk 2010 ini, kata Kepala BPPT, mengharapkan agar semua Deputi dapat melanjutkan semua program dan kegiatan yang telah berjalan dengan baik dimasa kepemimpinan Deputi sebelumnya. Selain itu, Kepala BPPT juga menginginkan agar semua Deputi dan Sestama mengupayakan realisasi  BPPT, menjadi pusat unggulan teknologi yang mengutamakan kemitraan melalui pemanfaatan hasil rekayasa teknologi secara maksimum. BPPT juga meminta semua Deputi untuk melanjutkan Reformasai Birokrasi di BPPT.

Banyak prestasi yang BPPT raih di 2010 ini, diantaranya Ridwan Djamaluddin dan Oskar Riandi yang mendapat penghargaan sebagai PNS dengan Kinerja Luar Biasa Baiknya untuk Tahun 2010 dari Badan Kepegawaian Nasional. Ratno Nuryadi yang Menciptakan mikroskop material renik berukuran nano atau AFM (Atomic Force Microscope) yang mampu melihat struktur materi ukuran nano serta Eka Meifrina yang mendapat Predikat Pustakawan Berprestasi Terbaik Nasional 2010, adalah dua orang pegawai BPPT yang mendapat penghargaan nasional. Michael Purwoadi merupakan wakil Indonesia sebagai telepresence engineer di kapal Okeanos Explorer dalam pelayaran dari Guam ke Bitung pada Indonesia-US Ocean Partnership Index Satal 2010 dan Wahyu W Pandoe yang bertindak Sebagai koordinator operasional Kapal Baruna Jaya dalam Indonesia-US Ocean Partnership Index Satal 2010.

Selain prestasi tersebut, BPPT juga meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk laporan keuangan BPPT tahun anggaran 2009. BPPT juga merupakan instansi dengan pemilikan aplikasi paten terbanyak diantara LPNK lainnya.

Dalam hal kemitraan, tahun 2010 BPPT telah bermitra dengan Kementerian Dalam Negeri untuk aplikasi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan), e-KTP dan e-voting. BPPT juga melakukan mitra dengan BP Migas dan ESDM dalam hal bioremediasi. Selain itu, BPPT baru saja menyelesaikan kemitraan dengan NOAA dalam Indonesia Exploration Sangihe Talaud 2010 yang menggunakan Kapal Okeanos Explorer dan Baruna Jaya IV, papar Marzan.

Langkah BPPT kedepan menurut Marzan terbagi dalam beberapa poin, diantaranya untuk RPJPN 2005-2025 terfokus pada peningkatan produktifitas melalui inovasi dengan memperbesar faktor teknologi dalam sistem produksi. Selain itu, dalam RPJMN 2010-2014, terfokus pada penguatan sistem inovasi nasional, sebagai wahana pembangunan nasional yang berbasis iptek. Adanya penguatan inovasi teknologi untuk daya saing dan kemandirian bangsa, juga menjadi fokus yang harus diperhatikan, merujuk pada 10 direktif Presiden yang disampaikan di Tampak Siring, Bali.

Berkaitan dengan hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa kebijakan BPPT untuk 2010, diantaranya (1) Perencanaan Program BPPT agar sepenuhnya terkait dan mendukung Program Nasional dan kebutuhan industri serta mengacu pada pencapaian IKU yang telah ditetapkan di Rakor 2010, (2) Monitoring dan evaluasi dari progam dan kegiatan agar dilakukan secara terpadu dengan melibatkan unit-unit terkait, (3) Evaluasi kinerja SDM beserta peningkatan kualitas SDM agar dilakukan secara periodik dan terukur, (4) Sosialisasi STKK baik bimbingan teknis maupun sistem penilaiannya agar terus dilaksanakan beserta langkah-langkah pendukung yang diperlukan. Selain itu Dalam rangka efeisiensi dan efektifitas, agar ditingkatkan pula pemanfaatan sarana dan prasarana bersama (resource sharing), dan yang terakhir adalah Sosialisasi Reformasi Birokrasi agar terus dilakukan. (YRA/humas)

Berkas dokumen paparan silahkan unduh disini.

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id