Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

MENJELANG BJ HABIBIE TECHNOLOGY AWARD 2010

Terkait dengan peringatan HUT ke 32 BPPT, direncanakan pada 28 September 2010 mendatang BPPT akan memberikan penghargaan BJ Habibie Technology Award (BJHTA) 2010 kepada insan yang berjasa kepada bangsa dan negara Indonesia dalam berinovasi dan berkreasi menghasilkan karya nyata di bidang teknologi.

Berbeda dengan pelaksanaan BJHTA tahun kemarin, tahap awal pelaksanaan tahun ini kami mengirimkan surat kepada pihak-pihak seperti Kementerian Perindustrian, PT LEN dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk dapat mengirimkan calon-calon mereka. Selain tentunya kami juga menerima usulan calon dari tim seleksi, jelas Anita Yustisia, Koordinator Pelaksana BJHTA 2010.

Dari semua usulan yang masuk terkumpulah 14 calon penerima penghargaan yang berasal baik dari kalangan BPPT sendiri maupun kalangan industri. Secara keseluruhan penilaian didasarkan pada inovasi dalam karya nyata produk teknologi yang mempunyai nilai break-through (terobosan) dari suatu proses produksi atau produk yang sudah ada menjadi suatu produksi atau produk yang belum ada sebelumnya, untuk meningkatkan unjuk kerja atau kualitasnya, lanjutnya.

Dasar penilaian yang dilakukan oleh tim penilai mengacu pada azas-azas inovasi yang terdiri dari azas penemuan (invention), azas kreatif, azas efisien dan efektif, azas nilai tambah dan azas manfaat. Lima azas tersebut dibagi ke dalam 10 poin kriteria penilaian yang terdiri dari (1) state of the art, (2) size of impact, (3) degree of complexity, (4) amount of effort, (5) degree of maturity, (6) originality, (7) uniqueness, (8) degree of advantage, (9) completeness, dan (10) amount of result.

Untuk lingkup penghargaan, sesuai dengan SK Majelis Perekayasa dibagi menjadi 6 kelompok dengan 14 bidang keahlian. Kelompok I terdiri dari teknologi pangan dan teknologi kesehatan, Kelompok II teknologi energi untuk kelistrikan, teknologi energi untuk bahan bakar serta teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk Kelompok III meliputi bidang teknologi sistem transportasi, teknologi hankam militer dan teknologi hankam nir militer. Kelompok IV terdiri dari bidang teknologi material dan teknologi manufaktur. Sedangkan Kelompok V dan VI mencakup bidang teknologi lingkungan dan kebumian, bisnis teknologi, kebijakan teknologi dan pengembangan sistem perekayasaan. Tim penilai penghargaan BJHTA terdiri dari Kepala BPPT, seluruh Deputi Kepala BPPT, Sekretaris Utama, dan anggota Majelis Perekayasa lainnya.

"Kami juga sudah mengirimkan surat kepada BJ Habibie untuk menghadiri penyerahan penghargaan BJHTA tahun ini. Mudah-mudahan beliau dapat hadir, jelas Anita. (YRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id