Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PERAN HUMAS DALAM MENCIPTAKAN FOCUS LOCUS GOOD NEWS

Forum kehumasan ini merupakan inisiatif yang sangat baik dilakukan. Dengan bertemunya humas dari berbagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), ddapat menciptakan kolaborasi dan sinergi antar lembaga terutama terkait pencitraan lembaga di media". ungkap Kepala Biro Umum dan Humas BPPT, Hamir Hamzah, pada acara Forum Kehumasan antar LPNK Kementrian Riset dan Teknologi (KRT) yang berlangsung di BPPT, Kamis (31/3).

 

Menurutnya, Humas merupakan garda terdepan dalam penyampaian informasi dan pembentukan citra pada suatu lembaga. Namun seringkali peran humas masih belum dilihat. "Ketika ada bad news yang muncul di media, Humas akan menjadi pihak pertama yang dituntut bertanggung jawab. Sementara ketika ada good news, Humas seringkali tidak disebut-sebut," ucapnya.

Dalam menyampaikan informasi pada publik, Hamir mengakui Humas BPPT terkadang mengalami kesulitan. Hal tersebut dikarenakan spektrum pekerjaan BPPT yang sangat luas. "Mulai dari teknologi untuk sipil hingga teknologi yang dibutuhkan militer, mulai dari teknologi yang dapat dipakai di darat hingga di laut, sampai pada teknologi komunikasi hingga teknologi nano. Semuanya ada di BPPT. Namun hal tersebut tidak membuat Humas BPPT kendor. "Kita sudah menerapkan aturan sesuai dengan text book yang ada," paparnya lugas.

Pada kesempatan yang sama, Anny Sulaswatty, Kepala Biro Humas KRT mengatakan bahwa selaku koordinir dari 7 LPNK, KRT berharap melalui forum kehumasan tersebut dapat meningkatkan tali silaturahmi dan menjadi keluarga besar yang solid.

Sesuai dengan arahan Menristek, semua pemberitaan tentang LPNK yang berada di bawah KRT pada akhirnya diarahkan menuju ke focus, locus, good news. Oleh karena itu melalui forum ini harapannya setiap news baik yang good, bad maupun netral dapat sama-sama kita share dalam forum ini, jelasnya.

Dalam menciptakan citra positif, Humas memainkan beberapa peranan. "Pertama adalah melakukan konsolidasi internal. Kedua, menginformasikan dalam kesempatan pertama, sembari melakukan diskusi internal dan eksternal secara intensif dengan stakeholder. Kemudian juga kita harus memonitor respon publik, yang ujungnya adalah menghasilkan citra positif," ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo (PIH), Gatot S Dewa Broto, yang juga hadir sebagai narasumber dalam forum kehumasan ini.

Gatot juga menekankan, pentingnya humas untuk selalu ikut terlibat dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh institusi. "Setiap bentuk sosialisasi kegiatan, harus melalui humas. Agar itu terbentuk, harus ada extraordinary effort. Humas juga harus mempunyai hubungan yang baik dengan semua media, jalin hubungan personal yang bagus, tegasnya. (SYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id