Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

TATA KELOLA KEARSIPAN, UPAYA WUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DAN RB

Diklat Penciptaan Arsiparis yang telah dilaksanakan selama satu bulan ini merupakan langkah awal dalam membenahi kearsipan BPPT. Diklat ini diikuti oleh 18 peserta dari beberapa unit kerja di BPPT diantaranya dari Biro Umum dan Humas, UPT Hujan Buatan, Kedeputian TIEM, TIRBR dan TAB, kata Jumain Appe, Sekretaris Utama BPPT di awal sambutannya saat acara Penutupan Diklat Arsiparis BPPT Tingkat Ahli (6/4).

BPPT, lanjut Jumain, telah membentuk unit kerja Biro Umum dan Humas (BUH), termasuk arsiparis didalamnya yang fokus untuk meningkatkan fungsinya dalam pengelolaan arsip dan menempatkan pada tempat yang tepat. Tidak hanya di BUH, kedepannya dibutuhkan juga arsiparis di setiap masing-masing untit kerja sehingga dokumen disetiap unit kerja dapat tertata dengan baik dan rapi, jelasnya.

Dengan diadakannya diklat ini, diharapkan dapat mendorong dan menciptakan arsiparis yang terampil dan menjadi penggerak bagi pembenahan kearsipan BPPT. Diklat ini juga merupakan Quick-win program Setama BPPT tahun ini sebagai sasaran mencapai Reformasi Birokrasi (RB) dan BPPT sebagai Good Governance, ungkapnya lebih lanjut.

Terkait dengan Good Governance, kata Deputi Bidang Konservasi Arsip ANRI, Mustari Irawan, hal terpenting adalah diterapkannya transparansi, partisipasi dan akuntabilitas yang diakui sebagai landasan awal bagi terwujudnya tata kepemerintahan yang baik secara umum. Jika BPPT ingin mewujudkan Good Governance dan mencapai RB, BPPT harus melakukan penciptaan pemeliharaan penyusutan dan pengelolaan arsip. Kesemuanya itu harus dilakukan dengan proses, sistem dan prosedur yang jelas, efektif dan efisien yang terukur serta sesuai dengan prinsip-prinsip Good Governance, terangnya.

Diklat ini memang menjadi program yang penting di lingkungan BPPT, dikarenakan dapat menguatkan BPPT pada masalah kearsipan dan memberikan kelancaran didalam proses pengelolaan kearsipan. Selain itu, juga dapat menunjukan hubungan kerjasama yang baik antara BPPT dengan Arsip Nasional, kata Mustari. (KYRAS/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id