Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PENTINGNYA PENGUASAAN DAN PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PANAS BUMI OLEH ANAK BANGSA

Dengan kekayaan alam yang beragam dan melimpah diantaranya yaitu panas bumi, Indonesia mempunyai potensi untuk pengembangan energi alternatif melalui energi geothermal yang bersih yang dapat mengurangi dampak pemanasan global. Panas bumi atau geothermal adalah energi yang tak akan habis, sayangnya di Indonesia investasi panas bumi untuk pembangkit listrik masih dikuasai perusahaan asing.

Guna mendukung pengembangan teknologi pemanfaatan energi panas bumi, maka BPPT, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (B2KSDA) serta PT Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) melakukan penandatanganan MoU  tentang Penelitian Pengembangan Pemanfaatan Energi Panas Bumi Skala Kecil di Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Kamojang, di Bandung, Kamis (14/07).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Sekretaris Utama BPPT, Jumain Appe, Direktur Utama PT PGE, Abadi Poernomo dan Kepala Balai B2KSDA, A Rachman Sidik serta dihadiri oleh peneliti dan pejabat dari masing-masing instansi.

Dalam sambutannya, Jumain menyambut baik ditandatanganinya MoU tersebut. Melalui kerjasama ini kita dapat mengembangkan sumberdaya energi yang berasal dari geothermal ini menjadi sesuatu yang bermanfaat di bidang kelistrikan, jelasnya.

Selama ini teknologi yang digunakan di Indonesia adalah teknologi yang didapatkan dari luar negeri, belum ada satu pun teknologi yang mempunyai kandungan lokal yang tinggi. Oleh karena itu melalui kerjasama ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan teknologi sendiri atau Teknologi Merah Putih. Dan kita ingin memiliki sesuatu sistemnya secara keseluruhan melalui pengembangan teknologi PLTP oleh BPPT ini, lanjutnya.

Senada dengan Jumain, Rachman Sidik menekankan pentingnya Indonesia memiliki teknologi yang mempunyai kandungan lokal tinggi. Sebelumnya B2KSD telah menjalin kerjasama dengan chevron. Ke depannya kami juga menginginkan BPPT, PT PGE dan B2KSD dapat menjalin kerjasama yang baik, ungkapnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT PGE mengungkapkan  bahwa penting bagi Indonesia untuk dapat menguasai teknologi  geothermal  atau panas bumi. Karenanya kami mendukung sepenuhnya pengembangan PLTP ini. Jika di kemudian hari bisa dikuasai sepenuhnya maka ketergantungan  pada negara lain akan berkurang, jelasnya.

Ini tentunya menjadi tugas kita bersama untuk  meningkatkan kandungan lokal dalam teknologi panas bumi kita. Kami (PT PGE -red) akan selalu  mendorong  terus berbagai penelitian untuk mengembangkan produk-produk yang bisa dikembangkan di dalam negeri. Kami sangat mendukung dan berkomitmen  untuk bisa mengembangkan produk-produk asli dalam negeri sendiri, tegasnya. (SYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id