Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

SINERGI AGENDA PENGUATAN SID, UPAYA MENUJU INNOVATION DRIVEN ECONOMY

Sebagai langkah awal menapaki jalan panjang pembangunan yang akan dipercepat dan diperluas secara sistematik diseluruh negeri, Kedeputian Pengkajian Kebijakan Teknologi mengadakan Forum Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SID). Forum ini juga dimaksudkan untuk menjadi sarana pembelajaran bersama BPPT dengan mitra daerah serta mitra strategis lain agar terwujud kolaborasi dan sinergitas kegiatan mulai tahun 2012.

Hal demikian dikatakan Kepala BPPT, Marzan A Iskandar saat sambutannya sekaligus membuka secara resmi Forum Koordinasi Penguatan SID, di Auditorium BPPT (27/7). Menurutnya, dengan adanya Perpres Nomor 32 tahun 2011 tentang Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 (MP3EI), ditekankan bahwa MP3EI bertujuan untuk mengangkat Indonesia menjadi negara maju dan merupakan kekuatan 12 besar dunia di tahun 2025 dan 8 besar dunia pada tahun 2045 melalui pertumbuhan ekonomi tinggi yang inklusif dan berkelanjutan.

Faktor yang menjadi penentu keberhasilan transformasi ekonomi suatu bangsa adalah kemampuan iptek, kapasitas inovasi pelaku usaha, kelembagaan dan kualitas kebijakan serta yang tidak kalah penting juga kemampuan kolaborasi daerah. Oleh karena itu, BPPT sebagai salah satu pelaku iptek akan berperan aktif dalam penguatan kapasitas inovasi daerah dengan memanfaatkan hasil-hasil pengkajian yang bekerja sama dengan mitra-mitra strategisnya. Dengan demikian, visi BPPT, 100,50,2025 dapat terwujud dengan kolaborasi yang diharapkan muncul dari forum ini, tegasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Deputi Bidang Industri dan Perdagangan Kementerian Perekonomian, Edy Putra Irawadi menekankan pentingnya inovasi di Indonesia. Jika Indonesia ingin menjadi negara yang jaya, inovasi adalah kuncinya. Hal yang sama juga diperlukan dalam menumbuhkembangkan perekonomian nasional, yaitu inovasi, jelasnya.

Sesuai dengan ketiga pilar MP3EI yang telah ditetapkan dan merupakan on top dari pembangunan ekonomi nasional, pemerintah menginginkan kegiatan ekonomi ke depannya dilakukan tidak hanya oleh pemerintah, tapi juga sektor swasta dan daerah. Jika hal demikian bisa diterapkan, niscaya kesejahteraan masyarakat dan peningkatan daya saing nasional akan dapat lebih cepat tercapai, ungkapnya.

Dalam kaitannya dengan MP3EI, forum ini juga akan berupaya untuk mensinergikan tema-tema prioritas penguatan SID dengan 22 kegiatan ekonomi dan tiga strategi utama MP3EI yang meliputi pengembangan koridor ekonomi di tiap pulau, penguatan konektivitas antar pusat-pusat pertumbuhan dan peningkatan kapasitas IPTEK.  Beberapa hasil forum antara lain deklarasi penguatan SID, rumusan langkah-langkah peningkatan kolaborasi penguatan SID dalam mendukung MPE3I, dan rekomendasi agenda tindak lanjut.

Kegiatan forum yang berlangsung selama dua hari (27-28/7) ini meliputi sidang pleno dan empat sidang komisi. Dari 210 peserta yang hadir termasuk diantaranya 14 kepala daerah, terbagi dalam empat komisi yang terdiri komisi koridor ekonomi Sumatera, komisi koridor ekonomi Jawa-1, komisi koridor ekonomi Jawa-2 dan komisi koridor ekonomi lainnya.

Pada hari pertama forum telah dilakukan pula beberapa penandatangan MoU dan Perjanjian Kerjasama antara BPPT dengan mitra daerah. Selain itu sebagai bentuk komitmen daerah dalam mengembangkan SID, pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan Deklarasi Penguatan SID oleh BPPT dan Kepala Daerah yang hadir.

Hadir juga pada acara perwakilan dari Kementerian diantaranya Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian UMKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informasi serta Lembaga penelitian LIPI. Sementara itu dari akademis hadir pula perwakilan dari ITB, IKJ, UNS, ITI dan UNJ, serta dari mitra strategis daerah dan instansi terkait antara lain Pemerintah kota Cimahi, Pemerintah Kota Pekalongan, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Madiun. (KYRAS/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id