Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

USIA 33 TAHUN, BPPT AKAN TINGKATKAN PERAN TEKNOLOGI DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL

Tepat 21 Agustus 2011 kemarin BPPT baru saja berulang tahun yang ke 33. Dalam rangka memperingati HUT tersebut, direncanakan akan diselenggarakan beberapa kegiatan diantaranya yaitu Penganugerahan Perekayasa Utama Kehormatan (PUK) dan  BJ Habibie Technology Award (BJHTA) yang akan dianugerahkan kepada pengusaha muda berbasis teknologi, September mendatang. Di samping itu juga akan diselenggrakan anugerah-anugerah yang terkait dengan sistem inovasi serta kegiatan-kegiatan yang sifatnya internal seperti olahraga dan pertemuan segenap keluarga BPPT yang tidak hanya berada di Jakarta  tetapi juga di Lampung, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali.

 

Demikian dikatakan Kepala BPPT, Marzan A Iskandar saat diwawancara oleh Iptek Voice, pagi tadi (22/8). Menurutnya, Usia 33 tahun merupakan usia yang cukup dewasa. Selama perjalanannya, BPPT telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan didalam pembangunan teknologi atau pembangunan industri-industri berbasis teknologi di Indonesia.

HUT kali ini menjadi khas karena BPPT sedang bersiap-siap untuk memanfaatkan secara lebih maksimal lagi fasilitas yang ada di Serpong dengan membangun fasilitas laboratoria baru. Diharapakan tahun 2012 sudah selesai sehingga seluruh kegiatan BPPT akan berpindah dari Jakarta menuju Puspitek Serpong. Hal ini dilakukan juga dalam upaya mendukung penuh program Kementerian Riset dan Teknologi untuk meningkatkan peran Puspitek menjadi Indonesia Science Technopark atau Taman Iptek Indonesia, tuturnya.

Cita-cita BPPT lainnya, tambahnya, untuk tetap terus mengupayakan agar menjadikan teknologi sebagai basis dari produk-produk di Indonesia baik untuk mengolah kekekayaan sumber daya alam yang ada maupun untuk meningkatkan industri manufaktur.

Upaya mendukung pembangunan teknologi tentunya tidak terlepas kaitanya dengan Sumber Daya Manusia (SDM). SDM merupakan hal yang menarik bagi BPPT. Karena sebagai salah satu lembaga pengkajian dan penerapan teknologi di Indonesia yang terkemuka termasuk dalam bidang SDM, kami berupaya memfasilitasi SDM yang ada dengan program dan fasilitas laboratoria sehingga mereka dapat mengaktualisasikan kemampuannya sekaligus mengupayakan pemanfaatannya bagi industri di tanah air, ucapnya.

Oleh karena itu, Marzan berpandangan kedepannya tentu saja harus dipetimbangkan dengan sungguh-sungguh persaingan global didalam mencari SDM dengan kualitas yang tinggi. Hanya tempat yang kompetitif dan menariklah yang pada akhirnya menjadi pelabuhan dari SDM. Sehingga BPPT harus siap memfasilitasi SDM yang berkualitas agar mereka betah bekerja, sejahtera dengan insetif dan fasilitas yang memadai, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, persaingan global SDM tersebut membutuhkan respon segera yang harus ditangani. Oleh karena itulah BPPT saat ini sedang mempersiapkan program RB secara keseluruhan sejak 2008 lalu, dan diharapkan tahun 2011 sudah mencapai tahap akhir finalisasi dan sistem perbaikan insentif dan remunerasi ataupun tunjangan kinerja bagi para perekayasa atau peneliti dan rekan yang bekerja dalam pengembangan dan pemanfaatan teknologi, sehingga mereka mendapat imbalan yang pantas.

Terkait dengan program Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia, dimana pada strategi ketiga yaitu peningkatan kapasitas SDM dan Iptek nasional BPPT diharapkan dapat berkontribusi maksimal didalamnya. Dari strategi inilah kita dapat meningkatkan kontribusi dari ahli-ahli Indonesia didalam pembangunan teknologi nasional di seluruh Indonesia.

Di HUT ke 33 BPPT, kami akan merayakan dengan mengevaluasi apa yang sudah dilakukan serta harus mengevaluasi di bagian mana yang sudah berhasil atau yang belum berhasil. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan peran teknologi dalam pembangunan nasional, meningkatkan daya saing industri dan yang pada akhirnya tentu saja meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, tutup Marzan. (KYRAS/humas)

 

 

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id