Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Sejarah PKT

Hubungan antara lembaga Litbang, industri dan pasar. dapat memberikan dampak maksimal pada perekomian jika hasilnya dapat diterapkan di industri atau/dan di masyarakat.

Lembaga Litbang perlu melakukan perencanaan atau foresight untuk mengetahui kebutuhan industri dan pasar dalam jangka panjang ke depan. Diperlukan juga stimulasi kepada Industri agar terus up to date dengan perkembangan teknologi, karena dengan kemajuan teknologi akan mempengaruhi proses dan jenis produk dari Industri dan akan berpengaruh pada produktifitas suatu industri.

Berkenaan dengan pasar perlu dilakukan kajian feasibility study produk, pemasaran, insentil perpajakan dan lain sebagainya. Diluar itu semua, masih perlu ada upaya-upaya agar produk lebih mempunyai daya saing, misal dengan melakukan klaster industri, peningkatan kemampuan SDM, penyediaan informasi, penyediaan fasilitas yang memadai dan lain sebagainya.

Secara ringkas dapat dikatakan untuk membawa teknologi kepada masyarakat perlu dibangun kemampuan untuk melakukan inovasi, melakukan difusi dari hasil teknologi dan proses pembelajarannya dalam suatu kesatuan jejaring dengan para stakeholder agar produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasar seperti diuraikan di atas. Kajian seperti inilah yang dimaksud dengan Kebijakan Teknologiyang berbasis pada sistem inovasi.

Mengingat pentingnya membawa hasil-hasil kajian teknologi di BPPT kepada masyarakat, maka disitulah peran Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT) yang diharapkan sebagai interfoce antara Litbang dan Industri dan Litbang dengan pasar.

Selain mengawal produk-produk BPPT Deputi Bidang PKT juga memiliki Unit Kerja Pusat Audit Teknologi (PAT) dan Balai Inkubator Teknologi (BlT). PAT bertugas melaksanakan Audit untuk perlindungan publik, pengamanan aset negara dan untuk meningkatkan daya saing industri, sedangkan BIT bertugas menyediakan layanan inkubasi teknologi dari hasil invensi para inventor dalam rangka untuk menumbuh kembangkan usaha dan wirausaha inovatif baru berbasis teknologi, dan mengembangkan kelembagaan inkubator daerah.

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id