Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Sejarah SETAMA

Dengan keluarnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 103 Tahun 2001 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non-departemen, jabatan Wakil Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) otomatis ditiadakan.

Berangkat dari Keppres itulah, maka tugas Wakil Kepala BPPT pun  diemban oleh seorang Sekretaris Utama BPPT dan 5 Deputi Teknis. Pada pasal 39 dalam Keppres tersebut disampaikan bahwa Sekretariat Utama mempunyai tugas mengkoordinasikan perencanaan, pembinaan, dan pengendalian terhadap program, administrasi dan sumber daya di lingkungan BPPT.

Sementara itu pada struktur organisasi sebelumnya, sesuai dengan Keppres Nomor 25 Tahun 1978, yang kemudian disempurnakan dengan Keppres no 31 Tahun 1982, tugas Sekretariat Utama BPPT juga identik dengan Kedeputian  Administrasi. Sesuai pasal 27 pada Keppres 31/1982 tersebut disebutkan bahwa  Deputi Bidang Administrasi adalah unsur pelaksana sebagian tugas dan fungsi BPP Teknologi yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Ketua. Kemudian pada Pasal 28 disampaikan Deputi Bidang Administrasi mempunyai tugas mengembangkan kemampuan dan ketrampilan tenaga penelitian serta mengelola dan membina sarana untuk menunjang tugas pokok BPP Teknologi. Sementara itu pada Pasal 29 Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 Keputusan Presiden itu, Deputi Bidang Administrasi menyelenggarakan fungsi-fungsi :

  1. Pengelolaan, pembinaan dan pendayagunaan tenaga kerja, pelaksanaan pendidikan dan latihan, serta penyusunan rencana dan program kerja BPP Teknologi jangka pendek maupun jangka panjang;
  2. Pembinaan dan pengelolaan sarana keuangan, perlengkapan dan perawatan, pengelolaan data dan analisa serta dokumentasi dan perpustakaan;
  3. Penyusunan dan perumusan peraturan perundang-undangan, dan penelaahan, evaluasi dan pengembangan organisasi dan tata kerja seluruh unit kerja, pelaksanaan hubungan dengan lembaga di luar lingkungan BPP Teknologi dan masyarakat, serta pelaksanaan urusan tata usaha, rumah tangga, keamanan danketertiban di lingkungan BPP Teknologi;
  4. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian di lingkungan BPP Teknologi terhadap seluruh tugas dan kegiatan unsur-unsur BPP Teknologi, agar supaya dapat berjalan sesuai dengan rencana dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun Setelah terbitnya Kepres no. 103 tahun 2001 hingga saat ini, Sekretaris Utama sendiri  membawahi Kepala biro dan Pusat, yakni:

  1. Kepala Biro Umum dan Humas;
  2. Kepala Biro SDMO;
  3. Kepala Biro Keuangan;
  4. Kepala Pusat Data Informasi dan Standarisasi;
  5. Kepala Biro Perencanaan;
  6. Kepala Pusdiklat.

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id