Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Techno Park Untuk Tingkatkan Perekonomian dan Penuhi Kebutuhan Pangan Indonesia

BPPT sebagai lembaga kaji terap teknologi di Indonesia terus berupaya meningkatkan perekonomian nasional dan daerah. Caranya dengan melakukan pendampingan teknologi dalam pembangunan Techno Park-Techo Park di Indonesia.

 

Wujud nyata peran BPPT tersebut, tertuang dalam penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Balai Besar Teknologi Pati (B2TP) dari Kedeputian Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah guna mendukung pengembangan Techno Park di Lampung Tengah.

 

Untuk diketahui, Techno Park merupakan suatu kawasan yang membantu perkembangan ekonomi dengan berbasis pada ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Di dalamnya akan mempertemukan akademisi dan litbang, pelaku bisnis serta pemerintah.

 

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan seperti diketahui pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini hanya sekitar empat persen, tapi yang terpenting pertumbuhan masih tetap ada. Selain itu, juga diikuti dengan pertumbuhan penduduk sekitar 1,2 persen.

 

"Selaras dengan pertumbuhan penduduk, tentunya kebutuhan pangan akan semakin meningkat. Oleh karena itu, Presiden RI Joko Widodo mengatakan pentingnya memenuhi kebutuhan pangan pokok melalui pembangunan Techno Park di Indonesia," kata Unggul, di acara Penandatanganan PKS Pengambangan Techno Park Lampung Tengah, di Kantor Gubernur Lampung, (5/6).

 

Kepala BPPT menyampaikan Techno Park Lampung Tengah memiliki potensi luar biasa besar di sektor pertanian, seperti padi dan ubi kayu serta peternakan sapi. Dengan potensi besar ini, diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk pemenuhan kebutuhan pangan.

 

"Melalui Techno Park Lampung Tengah ini maka peranan pangan lokal juga akan semakin terangkat dan memiliki nilai tambah sebagai komoditas bisnis serta mampu meningkatkan sosial ekonomi masyarakat," ujar Kepala BPPT.

 

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Pemprov Lampung Arinal Djunaidi yang mewakili Gubernur Lampung mengatakan melalui kerjasama dengan BPPT ini diharapkan pengembangan Techno Park Lampung Tengah bisa berlangsung dengan sistematis, holistik dan berkelanjutan.

 

"Pemprov Lampung akan selalu mendukung pembangunan kemandirian dan daya saing daerah melalui program Techno Park di Kabupaten Lampung Tengah, " kata Arinal.

 

Arinal berharap melalui penandatanganan PKS ini dapat memotivasi seluruh kabupaten di Lampung untuk terus berpikir inovatif guna memberikan kontribusi positif dalam rangka memajukan perekonomian daerah dan nasional.

 

"Saya berharap kerjasama ini bisa berjalan dengan terinci, sistematis dan mampu memberikan manfaat. Sebab, apabila tidak terinci dan sistematis hanya akan menjadi laporan di atas kertas saja," tutup Arinal.

 

Di akhir acara penandatanganan PKS, Kepala BPPT bersama Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi Listyani Wijayanti melakukan pertemuan khusus dengan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo.

 

Dalam pertemuan itu membahas mengenai strategi pelaksanaan Techno Park Lampung Tengah kedepannya dan kerjasama BPPT dengan Pemprov Lampung dalam pengkajian dan penerapan teknologi selanjutnya.

 

Dalam acara ini ada empat PKS yang ditandatangani, pertama PKS antara B2TP BPPT dengan Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Lampung tentang Pemasyarakatan Techno Park di Provinsi Lampung.

 

Kedua, PKS antara B2TP BPPT dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Tengah tentang Review Penyusunan Master Plan Pengembangan Techno Park Lampung Tengah.

 

Ketiga, PKS antara B2TP BPPT dengan Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Tengah tentang Penyusunan Kelembagaan Sementara Techno Park Lampung Tengah.

 

Dan, keempat, PKS antara B2TP BPPT dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Lampung Tengah tentang Pelatihan Manajemen Kewirausahaan bagi UMKM untuk Mendukung Pengembangan Techno Park Lampung Tengah. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id