Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Kembangkan Potensi Tangerang Selatan Melalui Sentra Anggrek

Tangerang, 21/08 - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Pemerintah Kota Tangerang Selatan  (Tangsel) tandatangani Perjanjian Kerja Sama untuk menjadikan Tangsel sebagai sentra pengembangan anggrek dan kampung ekowisata inovatif.

 


Kepala BPPT Unggul Priyanto secara simbolis menyerahkan bibit anggrek botolan hasil perbanyakan melalui teknik kultur jaringan. Anggrek ini dihasilkan melalui rekayasa teknologi. Dengan rekayasa tersebut  dihasilkan tanaman anggrek yang memiliki bunga sesuai keinginan. Mulai dari ukuran, warna, atau ketahanan terhadap penyakit, jelas Unggul dihadapan Walikota Tangsel Airin Rachmi Dianya.



Anggrek hasil rekayasa BPPT ini, tambah Unggul selain memberikan keuntungan bagi petani, diharapkan tidak hanya dijual  di pasar domestik saja, tetapi juga dapat di ekspor ke sejumlah negara lain.



Terkait rencana pengembangan anggrek di Tangerang Selatan,  BPPT telah menjalin kesepakatan kerja dengan tiga  SKPD kota Tangerang Selatan yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian dan Peternakan, dan Dinas  Koperasi dan UKM, ujarnya.



Senada dengan Kepala BPPT, Walikota Airin juga berharap varietas unggul anggrek tersebut dapat meningkatkan taraf hidup petani karena  dapat dijual dengan harga lebih tinggi. "Kalau bunganya lebih indah, tentunya harga jualnya juga bisa ditingkatkan sehingga akan memberikan manfaat bagi petani itu  sendiri," ujar Airin.



Melalui kerjasama ini Walikota Airin berharap BPPT juga dapat meningkatkan kemampuan petani untuk  menggunakan sistem hydroponic (menggunakan media air) sebagai solusi makin terbatasnya lahan pertanian anggrek  di Tangerang Selatan. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id