Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT- PT. POLOWIJO GOSARI : KEMBANGKAN EKONOMI LOKAL GRESIK

Menindaklanjuti Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dilakukan antara BPPT dengan PT. Polowijo Gosari tentang Pengkajian, Pengembangan dan Penerapan Teknologi Dolomit dan Hortikultura, Tim BPPT telah mengadakan peninjauan awal  ke PT. Polowijo Gosari di Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (15/3). Kunjungan dilakukan ke beberapa tempat antara lain pabrik pupuk, lokasi penambangan dolomit dan kebun hortikultura.

 

Dari hasil peninjauan tersebut telah disepakati bersama oleh kedua pihak, bahwa selama tahun 2011 akan dilakukan penyusunan grand design Pusat Unggulan Dolomit dan Pusat Unggulan Hortikultura, serta Pengembangan Ekonomi Lokal Kabupaten Gresik. Dengan Pusat Unggulan Dolomit diharapkan dapat dilakukan pengkajian dan penerapan teknologi penambangan, pengolahan, penggunaan dan penanganan pasca penambangan dolomit dan batu gamping, serta pengkajian dan penerapan teknologi industri turunan dolomit untuk keperluan pupuk, bahan bangunan, industri baja.

Sedangkan, melalui Pusat Unggulan Hortikultura juga diharapkan dapat dilakukan pengkajian dan penerapan teknologi budidaya, panen, pengolahan, pemasaran dan pengembangan pola usaha inti plasma hortikultura.

Dengan demikian, dengan adanya kedua pusat-pusat unggulan tersebut yang ditambah dengan penguatan klaster industri dolomit dan hortikultura, dapat terjadi percepatan pengembangan ekonomi masyarakat, khususnya di Kabupaten Gresik.

Kunjungan tim BPPT yang terdiri dari Direktur Pusat Pengkajian Kebijakan Inovasi Teknologi, Ugay Sugarmansyah, Direktur Pusat Teknologi Pengembangan Sumber Daya Mineral, Yudi Prabangkara dan Bambang Haryanto, Perekayasa Teknologi Agroindustri  ke PT. Polowijo Gosari tersebut diterima langsung oleh  Direktur Utama  H. A. Djauhar Arifin. (KYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id