Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

UJI TERBANG PUNA SRITI DALAM PELIPUTAN GLADI LAPANGAN SESKOAD

Atas permintaan SESKOAD-TNI dan pelaksanaan program diseminasi PUNA surveillence untuk militer,  pada tanggal 30 April s/d 2 Mei 2013 telah dilaksanakan uji coba pemanfaatan PUNA Sriti untuk pengamatan gladi lapangan pasis SESKOAD di Subang-Jawa Barat. Uji coba didahului dengan pengujian terbang menggunakan engine baru, dilaksanakan tanggal 25 s/d 26 April di Batujajar-Jawa Barat. Pengujian ini untuk mengetahui kehandalan sistim propulsi dan kesesuaian mencapai terbang mandiri. Diseminasi ini penting dilaksanakan untuk memperkenalkan kepada para dosen pengajar dan siswa SESKOAD sebagai calon pimpinan TNI AD dikemudian hari. (Tim PUNA – PTIPK).

Dalam uji coba ini Puna Sriti dipilih karena dapat dioperasikan untuk pengintaian dengan terbang berdurasi 2 jam dapat menjangkau radius 75 km. Puna sriti mudah dioperasikan, tidak memerlukan landasan untuk take off dan hanya menggunakan peluncur serta dapat mendarat menggunakan jaring. Operasi ini dirancang dengan operator satu regu (10 orang) untuk memasang, menarik peluncur, monitoring GCS, bongkar pasang jaring, dan pilot. Sistim ini cocok dipakai TNI AD dan dapat dimobilisasi dengan mudah keberbagai tempat.

Meskipun uji coba ini masih dalam skala riset, SESKOAD berkeyakinan dimasa mendatang TNI AD membutuhkan banyak untuk melakukan pengawasan teritorial diwilayah perbatasan bahkan akan ditempatkan disetiap KOREM. SESKOAD berharap harga sistem PUNA Sriti dapat ditekan rendah bilamana BPPT dapat meningkatkan TKDN komponennya.

Pengujian terbang ini disamping ditujukan untuk peningkatan pencapaian target prestasi terbang sistem PUNA Sriti juga dipersiapkan untuk misi pemantauan (surveilance & recoqnition) pergerakan penyerangan dan pertahanan pasukan militer dalam latihan lapangan perwira siswa SESKOAD - TNI.

 

Kegiatan pengujian sistem PUNA Sriti BPPT di Ciater-Subang, Jawa Barat disaksikan a.l oleh Dr. Samudro Direktur PTIPK BPPT, Ir. J. Purwono Ka. Prog. PUNA BPPT, Majend P. Siagian Dan SESKOAD. Brigjend D. Nawawi Wadan SESKOAD, Kol. Jony Supriyanto Dan Korsis SESKOAD, Kol. H. Silitonga Roren Kemhan serta para Staf Pantun Siswa SESKOAD.

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id