Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

KLM MARUTA JAYA BUKTI NYATA HEMAT BBM

Dampak berantai akibat dari melambungnya harga minyak mentah di pasar dunia telah dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Subsidi yang dilakukan pemerintah untuk menjamin pasokan BBM dalam negeri justru menjadi beban yang semakin berat. Menanggapi hal ini diperlukan gerakan penghematan di berbagai sektor guna menciptakan solusi alternatif terhadap ketergantungan BBM. Di sektor angkutan laut, BPPT telah menciptakan Kapal Layar Motor (KLM) Maruta Jaya 900 sebagai prototipe kapal yang terbukti hemat BBM.

Dalam rangka meninjau dan mengetahui kegiatan di kapal Maruta Jaya sekarang ini, Kepala BPPT Marzan A. Iskandar yang didampingi oleh Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa Surjatin Wiriadidjaja, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam Jana T. Anggadiredja, Direktur Pusat Teknologi Sumberdaya Lahan, Wilayah dan Mitigasi Bencana Ridwan dan Direktur Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi Samudro telah melakukan kunjungan kerja KLM Maruta Jaya di Tanjung Priok (10/09). Pada kesempatan itu pula Kepala BPPT berdiskusi dengan operator mengenai berbagai hal teknis dan operasional yang berkaitan dengan kegiatan KLM Maruta Jaya selama ini.

‚Selain dimanfaatkan sebagai kapal riset tenaga angin, kapal Maruta Jaya ini juga dimanfaatkan sebagai kapal wisata, kapal kargo dan kapal latih. Pelatihan tersebut diharapkan akan menjadi salah satu model/cara memberikan keterampilan dan kecakapan dasar bagi para calon pelaut, guna mengurangi tingkat pengangguran dan banyaknya remaja putus sekolah akibat biaya pendidikan yang semakin tinggi‚, jelas Direktur Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi Samudro kepada Kepala BPPT dalam kunjungan tersebut.

Maruta Jaya 900 produksi PT PAL Indonesia ini didesain khusus sebagai kapal angkutan barang (Cargo Ship) yang hemat BBM dan ramah lingkungan yang mulai beroperasi secara resmi pada 20 Mei 1990 dan didesain mampu mengangkut kargo maksimal 900 ton. Kapal ini juga mampu menghemat konsumsi BBM sampai 70% dibandingkan dengan kapal sejenisnya. Jika kapal sejenis mengkonsumsi BBM sekitar 3.000 liter/hari, KLM. Maruta Jaya 900 hanya memerlukan 900 liter/hari. Tenaga angin digunakan sebagai tenaga penggerak utama kapal. Dengan penggunaan layar seluas 1.200 meter persegi yang terdiri dari 1 buah layar jib (jib sail) berbetuk segi tiga yang terletak di bagian haluan (bowsprit), 2 buah layar utama (main sail) berbentuk segi empat yang masing -masing terpasang pada tiang utama (main mast) dan 1 buah layar mizzen (mizzen sail) yang tepasang pada tiang belakang dan dapat mamberikan dorongan kekuatan laju kapal sampai dengan 9 knot pada saat cuaca normal.(SP/RF/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id