Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Belajar Kuasai Teknologi Sistem Kendali Alpalhan TNI, BPPT Datangkan SAAB-Swedia

 

Indonesia berupaya untuk meningkatkan penguasaan teknologi pertahanan dan keamanan (Hankam). BPPT yang juga terlibat dalam Komite Kebijakan Industri Pertahanan (KKIP), terus mendorong peningkatan penguasaan teknologi sistem kendali (avionic) pada Alat Peralatan Pertahanan (Alpalhan) yang digunakan di Indonesia.

 

 

Deputi Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa Erzi Agson Gani mengatakan bahwa sistem kendali  ini penting untuk kita kuasai agar bangsa kita kedepan lebih berdaulat. " Hari ini kami mendatangkan SAAB Swedia, yang didukung pemerintah Swedia yang tergolong maju dan tidak tergabung dalam NATO agar kita bisa mengetahui teknologi militer terkini di dunia internasional," ungkapnya pada pembukaan Workshop on Simulation Technology and Geodata Handling di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (7/12).

 

 

 

 

Menurut Erzi, simulasi militer, data handling dan geospasial merupakan teknologi kunci untuk dunia militer kedepannya. Untuk itu lanjutnya, penguasaan teknologi dan pengetahuan akan teknologi terkini tentu sangat penting.

 

 

"Teknologi simulasi adalah kapabilitas kunci yang bisa diterapkan untuk berbagai keperluan strategis seperti simulasi penerbangan pesawat tempur, peperangan darat, laut maupun udara dan program pelatihan ataupun maintenance," jelasnya.

 

 

Erzi pun berharap kerja sama yang digagas ini bisa memberikan nilai tambah bagi Indonesia khususnya di bidang teknologi hankam. "BPPT memiliki misi untuk meningkatkan daya saing industri Hankam di tanah air," tegas Erzi.

 

Sebagai informasi sebelumnya Agustus lalu telah ditandatangani MoU BPPT dan SAAB Swedia. Hal ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan kemandirian bangsa di bidang pengembangan dan perekayasaan teknologi produk industri peralatan pertahanan dan keamanan nasional.

 

BPPT, sambung Erzi juga menjadi intermediator kepada pemangku kepentingan terkait di Indonesia yang berhubungan dengan teknologi hankam. "BPPT sebagai intermediator, clearing house, mempertemukan dengan industri seperti PT DI atau Pindad untuk peningkatan daya saing industri Hankam," pungkasnya. (Humas)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id