Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Reklamasi Jakarta Dapat Menurunkan Mutu Air 

 
Rencana Pemerintah DKI Jakarta dalam mereklamasi tanggul laut dan pulau-pulau di Teluk Jakarta ditanggapi secara ilmiah oleh BPPT. Berdasarkan pemodelan yang dilakukan, rencana tersebut akan mempunyai dampak signifikan terhadap mutu air, transpor sedimen, dan pola hidrodinamika. 
 
 
"Kami telah melakukan pemodelan terhadap rencana Pemda DKI. Hasilnya memang akan sangat berpengaruh terhadap lingkungan," ungkap  Widjo Kongko, perekayasa bidang kelautan Balai Teknologi Infrastrukur Pelabuhan dan Dinamika Pantai (BTIPDP) BPPT. 
 
Pembangunan tanggul, merupakan bagian dari kegiatan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang digagas Pemda DKI Jakarta. Fase pertama adalah pembangunan tanggul pasir yang kemudian akan dilanjutkan dengan reklamasi 17 pulau dan tanggul laut raksasa. 
 
 
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan apabila pembangunan telah selesai dilaksanakan, akan dimanfaatkan menjadi apartemen-apartemen yang diperuntukan bagi pegawai.
 
 
"Dengan adanya perubahan pada lingkungan di Kawasan Teluk Jakarta, pola arus laut disana pun akan berubah. Semestinya secara alami teluk sudah memiliki mekanisme dalam membersihkan limbah di perairan. Namun denga adanya perubahan ini, arus laut akan menjadi lemah sehingga siklus alami tersebut secara otomatis akan terganggu," jelas Widjo.
 
 
Dilansir dari berbagai media sebelumnya diberitakan bahwa Pemprov DKI menggagas reklamasi di Teluk Jakarta. Berbagai ahli menyebut bahwa reklamasi tidak hanya merusak lingkungan, namun juga menambah kerentanan masyarakat nelayan atas dampak perubahan iklim.  (Humas-HMP)
FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id