Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Kepala BPPT: Balai Teknologi Hidrodinamika BPPT, Dukung Nawacita Pemerintah RI, Fokus Teknologi Kemaritiman

 

Ramson Siagian (kanan), Anggota Komisi VII DPR-RI bersama Kepala BPPT Unggul Priyanto (ke-3 dari kiri) tengah mendengarkan penjelasan Deputi TIRBR BPPT Erzi Agson Gani  mengenai prototipe kapal selam mini 22 meter yang recananya akan digunakan oleh TNI-AL. 12-01-2017. (Humas BPPT-SAS)

Surabaya (12/1), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), sebagai pusat unggulan teknologi yang mengutamakan inovasi dan layanan teknologi untuk mewujudkan daya saing dan kemandirian bangsa, selalu siap melaksanakan kaji terap teknologi untuk menciptakan inovasi dan layanan teknologi yang terbaik untuk Indonesia.

 

 

Melalui inovasi dan layanan teknologi, BPPT berupaya keras mendorong Indonesia menjadi poros maritim dunia. Salah satunya melalui fasilitas uji yang dimiliki Balai Teknologi Hidrodinamika BPPT (BTH-BPPT). Dalam rangka mendukung program Poros Maritim dan tol laut Kabinet Kerja Pemerintah RI, melalui fasilitas yang dimiliki BTH-BPPT mempunyai tugas melaksanakan pelayanan jasa pengujian bidang hidrodinamika untuk kapal dan bangunan apung lainnya.

 

 

Sebagai fasilitas rekayasa teknologi bidang perkapalan dan bangunan apung lainnya, BTH dilengkapi dengan fasilitas modern berskala industri dan terbesar di Asia Tenggara antara lain Towing Tank (TT), Manoevering Ocean Engineering Basin (MOB) dan Cavitation Tunnel (CT). Selain itu BTH juga dilengkapi fasilitas pendukung lainnya yaitu Bengkel Model Kapal, Bengkel Mesin, Bengkel Model Propeller dan Drawing Office.

 

 

BTH-BPPT yang terletak di Surabaya ini memang difokuskan untuk mendukung sektor kemaritiman. Dengan fasilitas uji terlengkap se-Asia Tenggara, BPPT melalui BTH melaksanakan pelayanan jasa teknologi melalui program pengkajian dan pengujian perkapalan dan telah menguji serta mendesain berbagai jenis kapal mulai dari kapal niaga, kapal ikan, bahkan kapal cepat rudal, serta melakukan pengujian berbagai jenis kapal untuk sektor migas yaitu jenis FPSO, FSO dan Tanker.

 

 

Mewujudkan cita Indonesia menjadi poros maritim dunia,  tentu harus didukung infrastruktur yang kuat pada sektor industri transportasi laut, jasa maritim dan pelabuhan. Untuk itu, Kepala BPPT, Unggul Priyanto bersama Anggota Komisi VII DPR-RI  melakukan Kunjungan Kerja ke BTH-BPPT di Surabaya.

 

 

Sebagai informasi BTH BPPT ini juga sempat menjadi tempat pelaksanaan penandatanganan kerjasama antara BPPT dengan Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi pada 2015 lalu. Kala itu Kepala Staf TNI AL beserta jajarannya meninjau ruang uji kapal, seperti uji ketahanan melawan gelombang, serta melihat sejumlah prototipe kapal yang dirancang BPPT. TNI AL dan BPPT  juga melaksanakan pengembangan kapal selam mini 22 meter serta rancang bangun alat pertahanan matra laut dalam guna memperkuat Alutsista nasional. Di Tahun 2016 juga telah dilakukan kerjasama antara BALITBANGHAN-ITS-BTH terkait pengujian Kapal Selam Mini 22M yang diharapkan purwarupa-nya akan segera selesai di 2019. (Humas/HMP)

 

Pewarta/Editor : SP

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id