Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT – SAAB Gelar Seminar Bahas Defense Superiority Melalui Teknologi Perangkat Lunak Elektronik

Peperangan elektronik adalah bagian dari skema yang lebih besar, yaitu Warfare Informasi. Tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan spektrum Electro Magnetic (EM) dengan menggunakan spektrum elektromagnetik atau energi terarah, sehingga musuh ditolak keuntungan dan menjamin kekuatan ramah akses tanpa hambatan ke spektrum EM demikian kata Deputi Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR) BPPT, Wahyu Widodo Pandoe pada acara Seminar “Mencapai Defense Superiority Melalui Teknologi Perangkat Lunak Elektronik di gedung BPPT, Jakarta (27/4).

 

Saat ini menurut Wahyu, peperangan elektronik telah menjadi bagian integral dari keseluruhan rencana pertarungan yang melibatkan aktivitas militer yang serius dengan berbagai aplikasi. Sistem peperangan elektronik dapat secara efektif mengubah jalur penerbangan rudal musuh, salah dalam mengendalikan kontrol administratif dan pasukan musuh, serta melumpuhkan seluruh tentara, terang Wahyu.

 

Lebih lanjut Wahyu menuturkan, pertarungan elektronik akan memainkan peran yang semakin besar dalam konflik di masa depan. Aplikasi tersebut akan mencakup banyak pengintaian, akuisisi target dan satelit telekomunikasi yang akan menentukan hasil pertempuran di masa depan.

 

Diharapkan melalui seminar ini, dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman yang lebih dalam tentang Electronic Warfare dan dampaknya. “Kami sangat berharap agar semua peserta dapat bertukar inisiatif dan mengembangkan kerjasama di antara semua pemangku kepentingan di Indonesia, tutup Wahyu.

 

Sebagai informasi hadir pada acara tersebut Direktur Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan BPPT Adhi Dharma Permana, Anders Dahl Country Manager Indonesia SAAB, Marsma TNI Wisnu Sukardjo (Dinas Komunikasi dan Elektronika TNI AU), Pute Yoga Permana (PT Harrif Daya Tunggal Engineering), Geolf Van Hees (SAAB Director of Marketing (EW) for AFAC Region). (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id