Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

SEMINAR NASIONAL INDUSTRI TURBIN UAP INDONESIA

Dalam rangka sosialisasi hasil-hasil kegiatan kerekayasaan turbin uap yang merupakan Program kerjasama BPPT (PTIM‚TIRBR) - Kementerian Perindustrian (Direktorat Industri Mesin) - PT Nusantara Turbin dan Propulsi (NTP) sejak tahun 2005, telah diadakan Seminar Nasional Industri Turbin Uap di Bandung (18/01) yang dihadiri berbagai kalangan yang meliputi para pembuat kebijakan, pelaku kerekayasaan turbin, industri manufaktur turbin, industri pengguna serta akademisi dari berbagai perguruan tinggi.

Seminar diawali dengan kata sambutan Direktur Utama PT NTP, Gubernur Jawa Barat, dilanjutkan dengan pemaparan 2 (dua) keynote speech, Kepala BPPT dan Menteri Perindustrian RI. Selain sebagai media sosialisasi, seminar tersebut menjadi ajang workshop untuk mengevaluasi serta konsolidasi kesiapan Industri Turbin Uap Indonesia dalam menyongsong program swa-sembada gula dan ketenagalistrikan yang merupakan program-program prioritas pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II.

Saat menyampaikan keynote speechnya, Kepala BPPT menyampaikan bahwa pencapaian swasembada gula dan kelistrikan harus dilakukan secara terintegrasi dan holistik dengan melibatkan seluruh industri terkait diantaranya Industri Permesinan mengikuti konsep bangun industri nasional agar didapat hasil yang optimal.

Ia mengatakan bahwa peran industri permesinan nasional masih lemah sehingga perlu adanya suatu concerted action para pelaku untuk memperkuatnya. Untuk mengoptimalkan daya dukung teknologi dalam sektor ril industri gula dan ketenagalistrikan, perlu dilakukan dalam suatu kerangka kerja Sistem Inovasi Nasional yang untuk memperkuat kolaborasi sinergis berbagai pihak, khususnya setlah dibelakukan ACFTA.

‚BPPT siap berperan sebagai Lembaga intermediasi, technology clearing house, audit, pengkaji dan penyedia solusi teknologi untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat‚, tegasnya.

Selanjutnya pada seminar ini juga dilakukan launching protype produk Turbin Uap Back Pressure (TUBP) 4 MW yang siap untuk diujicoba fungsi. TUBP 4 MW ini merupakan produk kerekayasaan ketiga BPPT setelah TUBP 450 Hp dan 3 MW yang pada musim giling gula tahun 2010 akan memasuki phase Operation, Test & Evaluation (OT&E) bekerjasama dengan PTPN XI. (EAG/PTIM/humas*)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id