Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT IKUT SERTA DALAM PAMERAN INDUSTRI BAHARI 2010

Sebagai bagian dalam mempromosikan hasil-hasil inovasi karya para perekayasa, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kembali ikut serta dalam Pameran Industri Bahari 2010 yang kali ini di adakan di Tunjungan Plaza, Surabaya.

Acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini, secara resmi dibuka oleh Dirjen Pengolahan Pemasaran Hasil Perikanan KKP, Martani (15/07).

Dalam sambutannya, Wakil Menteri KKP, Alex S W Retraulun mengungkapkan kegembiraannya atas kemajuan industri bahari di Indonesia. "Khususnya untuk rumput laut, saya merasa bangga karena Indonesia merupakan negara penghasil rumput laut di dunia", ujarnya.

Alex sendiri bahkan sempat mengunjungi stand BPPT yang terletak tepat disebelah kanan panggung acara. Ia juga menanyakan bagaimana dan peran apa yang BPPT mampu berikan untuk mendukung kemajuan industri bahari nasional, khususnya industri rumput laut, melalui pengembangan dan penerapan teknologi

Pada pameran yang berlangsung selama empat hari (15-18/07), BPPT memamerkan beberapa hasil inovasi perekayasa diantaranya Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut, Desain Kapal Selam Mini 22 Meter, Kapal Angkut Ikan Hidup, dan Teknologi Modifikasi Cuaca.

Ditampilkan pula dalam pameran, tayangan video hasil pengujian Kapal Sep Hull Bubble Vessel (SBV) yang baru saja di uji di dermaga PT PAL INDONESIA (Persero).

SBV ini diyakini dapat menambah efisiensi penggunaan bahan bakar kapal. Semua itu ditopang oleh teknologi air lubrication, hasil perekayasaan UPT Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika, Surabaya. Dengan bubble udara yang dikeluarkan pada dasar kapal, akan dapat mengurangi gaya hambatan yang diakibatkan gesekan badan kapal dengan air laut.

Kepala BPPT bersama Deputi TIRBR dan Deputi KNRT menyempatkan hadir ke pameran sekaligus mengunjungi stand BPPT setelah menghadiri pengujian Kapal Sep Hull Bubble Vessel (SBV).(KYRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id