Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

MEPPO TERIMA TIGA ALAT UTAMA LABORATORIUM DARI KEMENRISTEK

Selain faktor sumberdaya manusia dan peraturan yang mendukung, salah satu faktor penting lain yang turut mempengaruhi rendahnya produktivitas iptek dan inovasi di Indonesia adalah masih belum memadainya sarana dan prasarana iptek yang ada. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam upaya meningkatkan sarana dan prasarana iptek telah dilakukan penyerahan secara simbolis tiga peralatan laboratorium Balai Mesin Perkakas, Teknik Produksi dan Otomasi (MEPPO) BPPT antara Kementerian Riset dan Teknologi dengan BPPT (21/12).

Penyerahan yang dilakukan oleh Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta kepada Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Industri Rancang Bangun dan Rekayasa (TIRBR) BPPT, Erzi Agson Gani tersebut dilaksanakan pada seminar yang bertajuk Penguatan Sarana dan Prasarana Iptek Dalam Mendukung Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Sarana dan prasarana menjadi faktor penting dalam upaya peningkatan peran iptek dalam pembangunan nasional. oleh karena itu melalui seminar ini diharapkan diskusi akan berlangsung tidak hanya membahas permasalahan sarana dan prasarana yang ada namun juga solusi yang perlu diambil untuk mengatasinya, ungkap Menristek dalam sambutannya.

Peranan Iptek dalam pembangunan ekonomi menjadi bagian tak terpisahkan. Saat ini, kondisi penguasaan teknologi Indonesia masih berada di posisi dibawah negara-negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Jika kita dapat meningkatkan sarana dan prasarana litbang yang ada saat ini, maka tentu saja hal tersebut akan semakin mendorong tumbuhnya inovasi di Indonesia, lanjutnya.

Diperlukan suatu strategi yang baik agar sarana dan prasarana iptek dapat lebih optimal dengan melibatkan pihak industri, perguruan tinggi dan semua institusi yang terkait. Untuk itu revitalisasi sarana dan prasarana iptek yang ada saat ini sangatlah penting dan diharapkan mampu jadi penggerak roda Sistem Inovasi Nasional yang pada akhirnya akan berimbas pada penguatan daya saing bangsa Indonesia, ungkap Menristek.

Kawasan Puspiptek, sebagai kawasan yang memiliki fasilitas sarana dan prasrana riset diharapkan dapat mendukung proses industrialisasi di Indonesia. Kedepannya dalam mempersiapkan Puspiptek tersebut menjadi IndonesiaScience Techno Park (I-STP), Kemenristek telah melakukan upaya revitalisasi dan modernisasi sarana dan prasarana iptek yang salah satunya yaitu dengan menyerahkan tiga alat utama kepada Balai MEPPO. (SYRA/humas)

 

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id