Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT DUKUNG PENYELENGGARAAN E-GOVERNMENT KOTA CILEGON

Kerjasama ini yang merupakan payung bersama untuk mengembangkan dan memanfaatkan teknologi di Kota Cilegon. Mudah-mudahan dengan pembangunan yang berbasis pengetahuan ini kita dapat menyikapi berbagai tantangan yang jauh lebih besar kedepan dengan cara yang lebih cerdas dan dengan mendayagunakan akal, ungkap Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT), Tatang A Taufik pada acara penandatanganan MoU antara BPPT dan Pemerintah Kota Cilegon tentang Pemanfaatan Dan Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Daerah (E-Government) Kota Cilegon (6/2).

Lebih lanjut dikatakan Tatang, berawal dari kerjasama tersebut agar dapat membangun dan menyiapkan kader generasi muda di Cilegon yang jauh lebih baik yang merupakan sebuah investasi dari pembangunan dari setiap rezim pemerintahan. Jika kita berhasil menyiapkan generasi yang jauh lebih baik ke depan maka akan bukan hanya menjadi menjadi investasi bagi keberhasilan Kota Cilegon melainkan juga menjadi contoh bagi daerah otonom lain, tegas Tatang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Kota Cilegon, Bambang Prayogo mengatakan bahwa penyelenggaraan e-government merupakan salah satu prioritas daerah, sebagaimana tertuang dalam RPJMD kota Cilegon tahun 2011-2015. Hal ini menunjukan bahwa Pemerintah Kota Cilegon memiliki keseriusan dan tekad yang kuat untuk menyelenggaraan pelayanan pemerintahan yang berbasis elektronik demi mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, terangnya.

Selanjutnya dikatakan walaupun secara parsial pemerintah Kota Cilegon telah melaksanakan e-government sejak beberapa tahun lalu, namun di periode pembangunan jangka menengah akan diselenggarakan e-government secara lebih konsisten, terarah dan terpadu. Ada beberpa faktor yang berperan penting dalam mensukseskan penyelenggaraan e-government yakni ketersediaan sumber daya manusia, kelembagaan, infrastruktur  serta regulasi yang komprehensif. Selain itu, diperlukan juga kerjasama dengan lembaga lain yang memiliki kapabilitas dan kredibilitas di bidang teknologi komunikasi dan informasi agar  e-government terlaksana  secara lebih efektif dan efisien, paparnya.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Deputi Kepala BPPT Bidang PKT Tatang A. Taufik dengan Walikota Cilegon TB Iman Ariyadi. Selain Itu, pada kesempatan yang sama dilakukan juga penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kepala Balai Ipteknet BPPT, Dwi Handoko dengan Kepala Bappeda Cilegon dan Asisten Daerah I Kota Cilegon, Ati Marliati.

Dalam presentasinya mengenai teknologi Open Source, Kepala Balai Ipteknet BPPT menjelaskan bahwa manfaat teknologi komputasi awan e-Government dapat menghemat belanja negara untuk fasilitas IT. Manfaat lain dapat memudahkan hambatan dalam penerapan e-government  dan memungkinkan lebih konsentrasi ke konten e-government serta memudahkan interoperabilitas pertukaran data, tambahnya.

Dengan kerjasama ini, diharapkan BPPT dapat memberikan solusi teknologi untuk dapat menghasilkan produk khas Kota Cilegon dengan menghubungkan industri hulu dan hilir dengan memanfaatakan para pemuda penganggur sehingga mengurangi angka pengangguran di Kota Cilegon, kata Walikota Cilegon. Karena Ia menilai bahwa dalam penyelenggaraan e-government bukanlah proses yang sederhana, tapi akan ada tantangan dalam implementasinya sehingga dibutuhkan SDM, infrastruktur serta regulasi yang komprehensif.

Dengan demikian melalui kerjasama dengan BPPT, diharapkan Pemerintah Kota  Cilegon dapat lebih maju dan berkembang guna mewujudkan tata kelola yang baik dan bersih yang berkaitan erat dengan sistem manajemen pemerintahan dalam pelaksanaan e-government, ungkapnya. (KYRAS/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id