Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

SEMINAR BKE-PII BIDANG KETENAGALISTRIKAN DAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TELEKOMUNIKASI

‚Kami mencoba secara rutin setiap tahun untuk dapat mengadakan seminar teknik yang seperti ini yang akan menjadi suatu media pembelajaran bagi kita semua, juga media untuk bertukar pandangan, atas isu-isu yang sifatnya keilmuan atau keprofesian maupun kebijakan dan usaha yang tentunya berkaitan dengan bidang elektro teknika.‚ demikian yang disampaikan oleh Ketua Panitia Seminar BKE PII, Djuniarman A. Djulkifli dalam laporan kegiatannya.

Seminar yang diadakan di Auditorium BPPT pada 23 April 2009 ini merupakan hasil kerjasama antara BKE PII (Badan Kejuruan Elektro Persatuan Insinyur Indonesia) dengan METI (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia), mengusung dua tema yang terbagi dalam dua bidang, yaitu bidang ketenagalistrikan mengenai ‚Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan Yang Menunjang Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan Untuk Mendukung Kebijakan Energi Nasional‚ dan bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi mengenai ‚Menuju ICT Next Generation Services‚.

‚Laju pertumbuhan kelistrikan nasional di Indonesia relatif tinggi, dalam kurun waktu lima tahun terakhir hampir 7%. Selain itu dalam 10 tahun ke depan pertumbuhan listrik terhadap pertumbuhan ekonomi sekitar 1,6%. Dengan pertumbuhan yang demikian menuntut pada kita semua terutama pemerintah agar dapat menyediakan pasokan listrik yang cukup bagi masyarakat. Namun demikian, struktur sumber energi primer yang digunakan dalam sistem pembangkit listrik yang dimiliki PLN saat ini masih sangat didominasi oleh pembangkit listrik yang berasal dari energi thermal antara lain batubara dan BBM. Tantangan bagi kita adalah untuk mengembangkan energi primer yg berasal dari energi terbarukan.‚ terang Ketua BKE PII sekaligus Dirut PT PLN (Persero), Fahmi Mochtar membuka acara seminar tersebut.

Disebutkan dalam keynote speech Kepala BPPT yang mewakili Menristek bahwa perencanaan yang tidak dilakukan secara bijak dalam menghadapi konvergensi teknologi informasi dan komunikasi juga dapat mengguncangkan sektor industri telekomunikasi di Indonesia. Bertambahnya cybercrime dapat berdampak pada citra buruk Indonesia di mata dunia. Oleh karena itu diperlukan perubahan atau perbaikan terhadap regulasi yang sudah ada. Konvergensi juga menyangkut semakin menyatunya sistem ketenagalistrikan dengan sistem telekomunikasi. Dengan konvergensi ini memungkinkan para pelaku dalam sektor ini untuk bisa memonitor dan mengendalikan pembangkit listrik dengan teknologi ICT menggunakan broadband.

Acara yang dihadiri oleh anggota dan pengurus BKE PII juga dihadiri oleh Sekjen Depkominfo, para undangan baik dari PT PLN (Persero), Mahasiswa maupun staf BPPT. Acara berlangsung dalam dua sesi. Sesi pertama ketenagalistrikan membahas mengenai masalah teknologi dan implementasi dan sesi kedua mengenai regulasi dan financial. Sementara untuk bidang teknologi informasi dan komunikasi sesi pertama mengenai regulasi, infrastruktur dan litbang, sesi kedua mengenai konten, bisnis model dan pelayanan. (RF/Humas)
FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id