Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

DIALOG ‚LAUNCHING PROGRAM TV DIGITAL INDONESIA‚ DI STUDIO 7 TVRI SENAYAN

Dunia penyiaran televisi di Indonesia telah dimulai sejak tahun 1962 dimana TVRI menyiarkan secara langsung Asean Games ke-IV dari Gelora Bung Karno, Jakarta. Sementara itu untuk era siaran TV Digital di Indonesia telah dimulai sejak 13 Agustus 2008, ditandai dengan peluncuran uji coba siaran TV Digital TVRI.

‚Keuntungan dari penggunaan siaran digital ini memungkinkan penggunaan jaringan kanal tunggal (single frequency network) tanpa adanya interferensi yaitu gangguan tumbukan sinyal dari siaran radio atau TV lainnya. Hasilnya keluaran gambar dan suara lebih stabil dan jernih. Selain itu pemanfaatan akan lebih efektif dan efisien karena satu kanal dapat dipergunakan untuk enam sampai delapan program‚, demikian disampaikan oleh Fredy Tulung, Dirjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) , Depkominfo.

Menurut Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK), BPPT, Tatang A. Taufik, sejak tahun 2007 BPPT telah melakukan pengkajian mengenai peralatan, evaluasi program untuk TV digital, dan penetapan ketentuan teknis. ‚Proses migrasi dari TV analog menuju TV digital membutuhkan waktu yang cukup panjang, karena harus menyiapkan set top box yang dapat dijangkau oleh masyarakat. Selain itu saat ini BPPT masih melakukan kajian untuk pengembangan fitur-fitur yang mempunyai spesialis konten seperti contohnya untuk pembelajaran dan peringatan dinii bahaya. Ditegaskan dalam kesempatan ini bahwa BPPT tidak melakukan proses produksi, tetapi hanya mengembangkan prototype yang kemudian diproduksi oleh industri dalam negeri‚ ungkap Tatang dalam pernyataannya.

Dalam acara ini diserahkan pula laporan hasil evaluasi LG LCD TV 47LH50YD dari BPPT kepada LG. Diharapkan pada tahun 2015 Indonesia telah berhasil bermigrasi dari siaran TV analog menuju siaran TV Digital. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak baik itu pemerintah maupun pihak industri dan juga masyarakat.(RF/Humas)
FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id